24 February 2020

Agar Traveling jadi Hemat dan Tidak Mahal

KONFRONTASI- Traveling tidak harus mahal. Sekarang, semua orang termasuk Anda bisa berlibur tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Bagaimana caranya?

Demi liburan yang murah, Anda tentu harus berpikir cerdas dan tak jarang terpaksa mengorbankan beberapa hal. Tapi tenang, hal ini bukan berarti akan mengurangi keasyikan liburan. Anda bahkan bisa merasakan pengalaman baru yang seru karena penghematan biaya ini.

Penasaran bagaimana caratraveling hemat? Gampang saja, Anda hanya perlu mengikuti tujuh tips ampuh berikut ini:

1. Atur bagasi

Mau traveling berapa hari? Traveling dalam waktu yang lumayan lama bisa membuat Anda bingung mengatur barang bawaan. Semua barang ingin dibawa, tapi jelas itu tak mungkin. Bagaimana cara menyiasatinya?

Pertama, lakukan riset sederhana tentang kota tujuan, mulai dari budaya hingga musimnya. Kemudian, sesuaikan pakaian dan barang yang harus dibawa. Anda tak mungkin membawa jaket tebal jika ingin traveling ke Semarang yang dikenal sebagai kota berhawa panas.

Sudah siapkan barang apa saja yang mau dibawa? Sekarang, Anda harus pintar melakukan trik packing. Jangan melipat pakaian seperti saat Anda hendak memasukkannya ke dalam lemari. Pakaian sebaiknya digulung untuk menghemat ruang dalam koper atau ransel Anda. Gunakan kantong berbeda untuk barang-barang sesuai kategorinya, misalnya untuk kosmetik, peralatan mandi, obat-obatan, dan perangkat elektronik.

Riset dan teknik packing yang benar dapat menghemat ruang dalam koper Anda. Yang lebih penting, bagasi jadi tidak berlebih hingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra saat check-in di bandara.

2. Pergi saat musim sepi

Jika ingin menghemat biaya traveling, pilih waktu pergi yang tak berbarengan dengan musim festival. Pergi ke Yogyakarta saat perayaan Waisak atau ke Medan saat Festival Danau Toba digelar akan membuat Anda bingung mengatur keuangan karena harga tiket pesawat melambung tinggi.

Lagipula, pergi saat musim sepi (off season) tak akan mengurangi esensi liburan. Justru dengan pergi di masa ini, Anda bisa menikmati traveling dengan lebih baik. Bayangkan, Anda bisa mengunjungi berbagai objek wisata menarik tanpa perlu mengantre lama di loket tiket atau berdesakan di pusat suvenir dengan wisatawan lainnya.

3. Beli tiket pakai aplikasi

Bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah selain menunggu promo? Jawabannya adalah dengan booking tiket melalui aplikasi yang telah disediakan oleh online travel agent (OTA) tertentu. Anda bisa mendapat tiket dengan harga miring jika menggunakan aplikasi, dibandingkan dengan booking melalui desktop. Salah satu OTA yang berani memberi harga spesial via aplikasi adalah Traveloka.

App-solutely adalah promo khusus yang ditawarkan Traveloka untuk konsumennya. Promo ini memberikan harga spesial untuk pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel melalui Traveloka App dan berlaku setiap hari sepanjang tahun.

4. Pilih hostel saja untuk menginap

Demi menghemat biaya liburan, menginap di hostel bisa jadi pilihan. Saat ini, fasilitas dan pelayanan hostel mulai bersaing dan sebagian di antaranya bahkan memiliki kualitas yang mendekati hotel.

Fasilitas hostel juga bisa diandalkan. Berbagai hostel untuk backpacker di Singapura misalnya, melengkapi fasilitasnya dengan sarapan gratis dan dapur umum. Sarapan gratis ini tentu bisa menyelamatkan dompet Anda karena tak perlu berburu sarapan di luar saat pagi hari.

Menariknya lagi, Anda bisa bertemu dengan banyak traveler lain dan saling berbagi cerita pengalaman seru. Bukan tak mungkin, Anda jadi punya teman traveling untuk menjelajah kota bersama keesokan harinya.

5. Tinggalkan taksi, naik angkutan umum saja

Lupakan gengsi di kota tujuan Anda. Jika biasanya Anda memilih naik taksi ke mana-mana, kali ini sebaiknya Anda memilih angkutan umum setempat yang biayanya tentu jauh lebih murah.

Selain masalah penghematan biaya, naik transportasi umum juga bisa menjadi tempat bagi Anda untuk bertemu warga lokal dan berinteraksi dengan mereka. Jika beruntung, mereka akan memberikan informasi tentang tempat menarik yang tak banyak diketahui oleh wisatawan lainnya.

6. Makan layaknya warga lokal

Urusan perut memang tak bisa disepelekan saat liburan dan bisa jadi bagian yang paling  menguras kantong. Bagaimana caranya agar makan tak jadi masalah saat traveling?

Anda harus bisa berbaur dengan warga lokal dan makan seperti mereka. Hindari makan di restoran mahal. Sebaliknya, pilih makanan khas di pasar tradisional atau rumah makan setempat. Nilai plus dari makan di tempat-tempat semacam itu adalah Anda bisa mencicipi kuliner tradisional dengan harga yang ramah kantong.

7. Pangkas biaya untuk oleh-oleh

Ingin beli oleh-oleh untuk teman tapi dana terbatas? Serba susah, memang. Jika tak membawakan oleh-oleh, Anda bisa dianggap pelit.

Tenang, Anda tetap bisa memberikan oleh-oleh kepada orang tersayang tanpa menguras isi kantong. Caranya? Cukup kirimkan kartu pos dengan gambar panorama khas kota tempat Anda traveling. Memotret dan mencetak khusus untuk mereka juga bisa jadi oleh-oleh yang manis dan lebih berkesan. (Adv)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...