26 August 2019

Wapres JK Tunda Kenaikan Harga BBM

KONFRONTASI - Penurunan harga minyak dunia ke level US$ 85 per barel membuat pemerintah menunda rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Dengan demikian, kenaikan harga BBM yang telah diagendakan awal bulan ini, "Kita tunda sedikit," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara Indonesia Ekonomi Outlook 2015 Permata Bank di Hotel Four Seasons, Rabu malam, 12 November 2014.

Menurut Kalla, merosotnya harga minyak dunia berdampak pada rencana kenaikan BBM. Pemerintah, kata Kalla, mesti merevisi nilai kenaikan harga minyak yang akan diberlakukan. "Ada penyesuaian ulang, berapa harga yang harus dinaikkan agar subsidinya tidak sebesar saat ini," katanya.

Namun Kalla menegaskan kenaikan harga BBM tidak bisa terhindarkan. Selain untuk mengurangi beban anggaran, kenaikan harga BBM juga memberikan kepastian bagi masyarakat. Kalla enggan membeberkan kapan kenaikan harga tersebut berlaku. "Tidak lama lagi, karena semakin lama semakin sulit kita atasi gelombang-gelombang ketidaksenangan," ujarnya.

Kalla mengakui rencana kenaikan BBM merupakan pilihan sulit yang harus ditempuh pemerintah. "Semua ini keputusan yang harus kita ambil. Apa pun risikonya, seperti bagaimana Pak Jokowi menjelaskannya."[ian/tmp]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...