17 November 2019

Tiga Hari Beruntun Penguatan Wall Street Terhenti

KONFRONTASI-Saham-saham di Wall Street menghentikan kenaikan beruntun tiga hari ke rekor tertinggi pada Senin (Selasa pagi WIB), karena investor menunggu hasil laba Apple dan pertemuan kebijakan Federal Reserve.

Dow Jones Industrial Average ditutup turun 42,17 poin (0,23 persen) menjadi 18.037,97.

Indeks saham Standard & Poor 500 melemah 8,77 poin (0,41 persen) menjadi berakhir pada 2.108,92, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq ditutup jatuh 31,84 poin (0,63 persen) menjadi 5.060,25.

Baik S&P maupun Nasdaq telah dibangun pada rekor penutupan pada Jumat lalu sehingga pasar dibuka lebih tinggi, namun Wall Street tidak mampu mempertahankan momentum kenaikannya.

Apple melambung 1,8 persen menjelang laporan laba pertamanya sebagai anggota dari saham unggulan (blue-chip) Dow. Raksasa teknologi ini melaporkan laba kuartal kedua fiskal setelah pasar tutup. Apple telah mengalahkan perkiraan laba untuk delapan kuartal terakhir, catat John Plassard dari Mirabaud Securities.

Investor juga menunggu hasil pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), unit kebijakan The Fed, pada Rabu untuk tanda-tanda waktu kenaikan suku bunga, yang diperkirakan tahun ini.

Saham-saham biotech meluncur setelah Mylan menolak tawaran pengambilalihan Teva Pharmaceutical senilai 40,1 miliar dolar AS, mengatakan perusahaan Israel itu "di bawah nilai" perusahaan dan kombinasi yang diusulkan "membawa risiko antitrust yang signifikan".

Mylan jatuh 5,7 persen dan Teva turun 4,3 persen. Amgen kehilangan 3,4 persen, Biogen berkurang 3,1 persen dan Gilead Sciences merosot 0,7 persen.

Applied Materials menukik 8,4 persen setelah sepakat dengan Tokyo Electric untuk meninggalkan perjanjian merger hampir 10 miliar dolar AS, mengutip penentangan dari Departemen Kehakiman AS atas dasar antitrust.

Pengumuman itu datang setelah Comcast dan Time Warner Cable mengatakan pada Jumat bahwa mereka telah membatalkan rencana merger mereka senilai 45 miliar dolar AS, juga karena kekhawatiran anti-trust AS.

Time Warner Cable naik 0,7 persen karena spekulasi bahwa perusahaan mungkin dalam bidikan Charter Communicationsi; Charter turun 1,5 persen.

IGATE bertambah 3,3 persen menjadi 47,36 dolar AS setelah perusahaan IT Prancis Capgemini mengatakan sedang membeli saingannya di AS senilai empat miliar AS dalam kesepakatan tunai dan saham yang ditawarkan 48 dolar AS per saham, premi lima persen terhadap penutupa saham IGATE pada Jumat.

Tesla Motors melonjak 6,0 persen. Pembuat mobil listrik iti diharapkan akan membuat pengumuman tentang baterai penyimpanan (aki) pada Kamis.

Harga obligasi bervariasi. Imbal hasil pada obligasi pemerintah 10-tahun AS naik menjadi 1,93 persen dari 1,92 persen pada Jumat, sementara pada obligasi 30-tahun turun menjadi 2,61 persen dari 2,62 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah.[mr/ant]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...