21 November 2017

Telkom Dukung Program Kemendikbud Sukseskan UNBK

Konfrontasi - Sebagai BUMN Telekomunikasi di Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berkomitmen mendukung serta menyukseskan program-program Kemendikbud. Salah satunya adalah dukungan terhadap fasilitas telekomunikasi dalam pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 yang baru saja selesai dilaksanakan.

“Kami mendapat kepercayaan dari Kemendikbud untuk melakukan peningkatan (upgrade) layanan Metro Ethernet & VPN IP Kemendikbud, pengawalan layanan Datin di Kemendikbud, pengawalan koneksi Link di Universitas (UI, UGM, ITS, ITB), dan pengawalan koneksi internet sekolah yang menggunakan layanan Telkom,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.

Menurut Arif, hingga selesai dilaksanakan, tidak terdapat kendala jaringan yang mengakibatkan terganggunya proses UNBK.

“Meskipun ada pemberitaan gangguan di salah satu sekolah peserta UNBK, namun berdasarkan penelusuran Satgas UNBK Telkom yang stand by selama UNBK berlangsung, diperoleh fakta bahwa gangguan tersebut lebih dikarenakan jaringan atau server lokal di sekolah tersebut,” tuturnya.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online, dimana soal ujian dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang ikut menyukseskan pelaksanan UNBK. Berdasarkan data Kemendikbud, peserta UNBK 2016 diikuti 921.862 siswa yang tersebar di 4.381 sekolah/lembaga. (tmp/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...