27 May 2019

Sudah Setahun Beroperasi Pelabuhan Tol Laut Ini Baru 'Disentuh' PLN

Konfrontasi - Krisis listrik masih dialami oleh pelabuhan peninjauan tol laut. Padahal, pembangunan pelabuhan ini merupakan andalan pemerintah untuk menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat diberbagai daerah. Salah satunya adalah Pelabuhan Sukadana di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Dilansir Okezone dari pengelola pelabuhan, Sabtu (21/5/2016) pembangunan pelabuhan ini telah selesai dan beroperasi sejak tahun 2015. Sayangnya, hingga saat ini pelabuhan tersebut belum tersentuh oleh PLN karena terkendala alasan infrastruktur.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengungkapkan pelabuhan ini akan dialiri listrik menjelang akhir tahun. Ditargetkan, pelabuhan ini akan teraliri listrik menjelang puncak acara Sail Karimata pada Oktober mendatang.

"Kita harus memberikan pilihan prioritas. Untuk Pelabuhan Sukadana mudah-mudahan listrik akan teraliri sebelum dicanangkannya Sail Karimata 2016 yang rencananya diselenggarakan pada bulan Oktober, ini juga bisa untuk membangun sekitar Karimata," jelas Sugihardjo di Pelabuhan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu (21/5/2016).

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid mengungkapkan bahwa saat ini PLN telah siap untuk mengaliri listrik hingga ke pelabuhan. Hanya saja, butuh pengajuan permohonan ulang dari pihak pengelola bandara.

"Itu kan mereka yang belum mengajukan dan memang saat itu pihak PLN masih kesulitan masalah daya karena kita masih ambil dari Ketapang. Tapi sekarang untuk power plant sekarang di Ketapang, PLN juga sudah tawarkan silakan mereka (pengelola pelabuhan) ajukan permohonan lagi," jelasnya.

Untuk diketahui, pelabuhan ini kini telah memiliki kapasitas hingga 1000 Dead Weight Ton (DWT). Pelabuhan ini akan difungsikan untuk angkutan barang dan penumpang. Namun, pelabuhan ini belum dapat berfungsi optimal dan hanya menggunaan ganset dan solar cell untuk mendapatkan sumber listrik. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...