11 December 2019

Rupiah Sore Menguat Tipis

KONFRONTASI-Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada penutupan perdagangan Senin (15/2) sore ini terpantau mengalami penguatan tipis dibandingkan dengan perdagangan pada pagi tadi. Sayangnya, nilai tukar rupiah belum mampu menguat secara signifikan.

Mengutip Bloomberg, Senin 15 Februari, nilai tukar rupiah pada perdagangan sore berada di posisi Rp13.387 per USD. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.385 per USD. Sementara itu, menurut Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.476 per USD.

Sementara itu, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi tadi berada pada posisi dibuka menguat, di Rp13.472 per USD. Demikian berdasarkan data Bloomberg. Setelah itu, rupiah kembali melemah sebesar tujuh poin atau setara 0,05 persen ke posisi Rp13.482 per USD. Rupiah pada pagi itu berada di kisaran Rp13.461-Rp13.491 per USD.

Sedangkan berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di level Rp13.480 per USD. Kemudian menguat tipis menuju level Rp13.475 per USD di pembukaan perdagangan pagi ini.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta, mengatakan, nilai tukar rupiah yang melemah tipis pada perdagangan pekan kemarin diprediksi akan kembali terjadi pada hari ini. Rupiah berpeluang melanjutkan pelemahannya hari ini karena mengamati perkembangan sentimen yang mendukung pergerakan rupiah, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Siang ini ditunggu neraca perdagangan yang diperkirakan menipis surplusnya. Penting diperhatikan performa impor yang jika naik bisa berarti perbaikan pertumbuhan," tutup Rangga Cipta.[mr/mtv]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...