22 May 2019

Rupiah Pagi Melemah Tipis ke Rp13.463/USD

KONFRONTASI-Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan pagi terpantau melemah tipis dibandingkan dengan perdagangan sore di hari sebelumnya di Rp13.459 ribu per USD. Namun demikian, nilai tukar rupiah masih mampu bertahan di level Rp13.400 per USD.

Mengutip Bloomberg, Kamis 22 Desember, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi berada di posisi Rp13.463 per USD. Day range nilai tukar rupiah pada kisaran Rp13.406 per USD sampai Rp13.463 per USD dengan year to date return di minus 2,39 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah di posisi Rp13.433 per USD.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap USD mengalami pelemahan kemarin di tengah penguatan kurs Asia lainnya terhadap USD. Permintaan USD yang naik menjelang akhir tahun serta beberapa sentimen negatif dari domestik memberatkan pergerakan nilai tukar rupiah.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, Fitch menaikkan outlook dan pelemahan nilai tukar rupiah berpeluang mereda. Hari ini, Fitch yang menaikkan outlook Indonesia dari stable menjadi positive bisa memberikan alasan untuk nilai tukar rupiah ikut menguat, apalagi di tengah penurunan dolar index.

"Imbal hasil global yang mulai turun juga menjadi momentum penurunan imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) yang biasanya juga dibarengi oleh penguatan nilai tukar rupiah," kata Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Sentimen negatif masih bersumber dari risiko fiskal, yang hingga 20 Desember 2016 dilaporkan realisasi penerimaan pajak hanya mencapai 76,17 persen dari target sehingga defisit berpeluang melebar dari target pemerintah yang 2,7 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). [mr/mtv]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...