14 December 2019

PLN Cari Cara untuk Turunkan Tarif Listrik

KONFRONTASI- PLN mengaku belum berencana menaikkan tarif dasar listrik untuk beberapa bulan ke depan, meski ada kenaikan di beberapa sektor.

"Tarif listrik belum ada rencana untuk dinaikkan. Memang ada masalah kurs, BBM yang naik sedikit. Tapi, kami belum ada rencana menaikkan tarif listrik," kata Dirut PLN, Sofyan Basir di Kementerian BUMN, Jakarta.

Sofyan mengatakan, PLN justru mencari cara bagaimana tarif listrik industri bisa diturunkan perlahan. Tujuannya, investor bisa memperluas ekspansinya di sektor industri. Dengan begitu, diharapkan penyerapan tenaga kerja bisa lebih meningkat.

"Hal ini bertujuan supaya animo para pengusaha dan investor bisa melakukan perluasan. Kan, tujuannya untuk pekerjaan, pengurangan dikurangi. Kan, listrik itu ada yang miskin, umum, dan ada industri," kata dia.

Keinginan PLN tersebut sesuai dengan keinginan BKPM. BKPM meminta agar ada tarif khusus listrik bagi industri, terutama industri padat karya.

Kepala BKPM, Franky Sibarani, mengatakan bahwa pihaknya meminta pemerintah dan stakeholder terkait untuk merumuskan kebijakan yang mendukung industri padat karya.

"Kami mengharapkan pemerintah bisa segera merumuskan kebijakan yang mendukung industri padat karya. Selain kebijakan khusus terkait tarif listrik, permasalahan industri padat karya lainnya adalah kepastian mekanisme kenaikan upah pekerja. Kami membutuhkan investasi sektor padat karya untukmengatasi persoalan 7,4 juta pengangguran terbuka dan 9,68 juta orang yang masuk kategorisetengah penganggur, sekaligus menampung angkatan kerja baru yang tumbuh 2,5 juta orang per tahun," kata Franky.[mr/viva]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...