16 December 2017

Pertumbuhan Ekonomi Kaltara Tertinggi di Kalimantan

KONFRONTASI ~ Pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Utara kembali menunjukkan tren positif pada triwulan III (Agustus-Oktober) tahun 2017 ini. Berdasar release dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim-Kaltara, di triwulan ini ekonomi provinsi Kaltara tumbuh 6,62 persen terhadap triwulan III tahun 2016 (YoY).

Pertumbuhan ini melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya tercatat sebesar 5,06 persen. Tak hanya itu, pertumbuhan ekonomi di Kaltara juga tercatat tertinggi di Kalimantan.

Dari data BPS disebutkan, Kalimantan Utara mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,62 persen, diikuti Kalimantan Selatan dengan pertumbuhan 6,44 persen. Kalimantan Tengah yang sempat menduduki pertumbuhan ekonomi tertinggi di Kalimantan dan nasional pada triwulan I 2017 justru turun di urutan ketiga. Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah hanya sebesar 6,13 persen. Diikuti Kalimantan Barat 5,13 persen, dan terakhir Kalimantan Timur sebesar 3,54 persen.

Pertumbuhan ekonomi Kaltara menduduki peringkat tertinggi di Kalimantan juga terjadi pada triwulan II. Dengan presentase sebesar 6,44 persen, Kaltara memimpin, diikuti Kalimantan Tengah, 6,12 persen, Kalimantan Selatan 5,15 persen, Kalimantan Barat 4,92, dan Kalimantan Timur 3,58 persen.

Gubernur Kaltara H. Irianto Lambrie mengungkapkan, tumbuhnya ekonomi Kaltara, justru pada tataran menengah ke bawah. Ini karena beberapa faktor lokal. Antara lain mulai baiknya beberapa infrastruktur penting, seperti akses konektivitas antar daerah di Kalimantan Utara dan provinsi di sekitarnya yang semakin baik.

"Ruas-ruas jalan yang dulunya rusak, sudah bisa dilewati dengan lancar. Misalnya Jalan Trans Kalimantan dari Tanjung Selor menuju Tana Tidung-Malinau. Begitu juga dari arah Tanjung Redeb (Berau). Sekarang Alhamdulillah semua sudah bagus", ujarnya.

Faktor pendukung pertumbuhan ekonomi lainnya, tambah Irianto adalah pergerakan manusia di Kaltara yang sudah cukup intensif. Hal ini terjadi disebabkan adanya pembukaan rute penerbangan baru, seperti masuknya Wings Air ke Tanjung Selor, serta penambahan penerbangan di Tarakan.

"Termasuk banyaknya kegiatan-kegiaran berskala provinsi dan nasional yang digelar di Kalimantan Utara", pungkas orang nomor satu di Kaltara ini.[ian]

Tags: 
Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...