28 February 2020

Pertamina Tinggal Tunggu Restu Pemerintah Akuisis PGN

Konfrontasi - Kementerian BUMN berencana membentuk holding atau perusahaan induk untuk BUMN Energi pada tahun ini. PT Pertamina (Persero) akan menjadi holding atau induk BUMN sektor energi dengan cara mengakuisisi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). PGN akan dimasukkan ke dalam tubuh Pertamina.

Mengenai 49% saham PGN yang dimiliki publik, Pertamina siap jika nantinya pemerintah merestui untuk membeli sebagian besar saham publik tersebut demi melancarkan proses holding.

"Kaitannya dengan PGN, kalau ada persepsi negatif sehingga pemegang saham publik melepas ya kita akan beli. Tentu dalam harga yang kita sepakati," ungkap Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Minggu (15/5/2016).

Jika proses holding sudah final, Pertamina bersama PGN yang menjadi anak usahanya diharapkan dapat menjadi perusahaan energi global. 

"Tetap sebagai korporasi karena kita butuh sebuah bentuk yang bisa bersaing dengan NOC (National Oil Company) luar negeri dan itu adalah korporasi,"

Ditambah lagi, PT Pertagas sebagai anak usaha Pertamina di sektor gas akan dimasukkan ke dalam PGN karena bergerak di bidang yang sama.

"PGN Pertagas tentu saja harus disinergikan. Dan langkah yang terbaik adalah dia dijadikan satu," tutur Dwi. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...