5 December 2019

Pengusaha Amerika Borong Kopi Indonesia 6,5 Juta Juta Dolar AS

Konfrontasi - Para pengusaha kopi Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Amerika Selatan, memborong kopi spesial asal Indonesia yang ditampilkan pada pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA), 9-12 April 2015 di Washington State Convention Center, Seattle, AS.

Nilai total transaksi hampir mencapai 6,5 juta juta dolar AS.

"Perkiraan hasil transaksi ini cukup menggembirakan. Kami berharap akan ada banyak lagi transaksi lanjutan," kata Atase Perdagangan Indonesia di Washington D.C., Made Marthini dalam siaran pers yang diterima, Rabu (15/4).

Menurut Made, Indonesia memperkenalkan berbagai produk kopi, namun transaksi dagang yang terbesar masih pada produk green bean (biji kopi). Produk varian kopi seperti biskuit dan permen dari kopi, cofee mix 3in-one, roasted dan grinded, serta kopi dingin (cold brew coffee) juga mendapat perhatian para buyers Amerika Latin dan Amerika Selatan.

"Selain membeli kopi Jawa Timur, pembeli Kolombia dan Meksiko juga melakukan pembelian biskuit rasa kopi yang menurut mereka akan laku karena cocok dengan selera di negara mereka," ujar Made.

Selain itu, ada juga produk yang berkaitan dengan food service yang juga diburu pembeli, antara lain gelas kertas (paper cups) sebagai wadah kopi panas, kopi instan, teh, dan daun kopi.

Pada tahun depan Indonesia berencana kembali berpartisipasi di SCAA ke-28 yang akan diselenggarakan di kota Atlanta.

"Mudah-mudahan tahun depan Indonesia mampu meningkatkan profil kopi spesial Indonesia sehingga memberi kontribusi bagi ekspor. Bukan hanya produk green bean, tetapi juga produk inovatif bernilai tambah lainnya yang terkait kopi, seperti mesin roasting, alat brewing kopi, dan sebagainya," ujar Made.

Berdasarkan data statistik U.S Department of Commerce, Bureau of Census, impor kopi AS dari Indonesia pada periode Januari-Desember 2014 mencapai 323,10 juta dolar AS atau mengalami kenaikan sebesar 11,29 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebesar 290,34 juta dolar AS.

Sementara impor kopi AS dari dunia untuk periode Januari-Desember 2014 sebesar 5,88 miliar atau meningkat sebanyak 10,46 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013.

Saat ini Indonesia berada di peringkat ke-6 atau naik satu peringkat dari tahun sebelumnya sebagai negara sumber impor kopi AS dengan pangsa pasar sebesar 5,49 persen yang berada di bawah Brasil, Kolombia, Vietnam, Kanada, dan Guatemala. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...