25 November 2017

Pencurian Listrik Rugikan PLN Rp1,1 Miliar Setiap Bulan

KONFRONTASI-PT PLN Area Cirebon, Jawa Barat, setiap bulan harus merugi sekitar Rp1,1 miliar, akibat pencurian arus listrik atau penggunaan secara ilegal oleh para pelanggannya.

"Setiap bulan sekitar 700.000 kWh yang digunakan secara ilegal, kalau dirupiahkan sekitar Rp1,1 miliar," kata Manajer PLN Area Cirebon, Handoko, di Cirebon, Senin.

Handoko menjelaskan untuk mengantisipasi kerugian yang ditimbulkan, mereka rutin menggelar penertiban dan pengecekan para pelanggan.

"Penertiban pemakaian tenaga listrik, kami lakukan secara rutin tiap hari di seluruh rayon yang ada dan itu kami lakukan sepanjang satu tahun," tuturnya.

Dia mengatakan, saat ini ada 1,4 juta pelanggan PT PLN di sana dan terus bertambah. Pada 2017 ini, mereka menargetkan bisa mengembalikan kebocoran listrik ilegal mencapai 18 juta kWh. Namun hingga bulan September ini, realisasi baru mencapi 8 juta kWh.

"Kalau pada 2016 lalu, target kami 12 juta kWh dan realisasinya melebih target, yakni 13 juta kWh, sekarang baru 8 juta kwh," katanya.

Handoko mengatakan berbagai modus dilakukan masyarakat untuk mencuri listirik di antaranya dengan cara mengakali kWh meter, sehingga pemakaian listrik yang tercatat di meteran menjadi lebih sedikit dibanding pemakaian sebenarnya.[mr/tar]
Tags: 
Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...