25 May 2017

Pemda Diingatkan agar Tepat Waktu untuk Serap Anggaran

KONFRONTASI-Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) mengingatkan pemerintah daerah (pemda) baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menyerap anggaran dari pemerintah pusat tepat waktu agar kegiatan pembangunan di daerah berjalan lancar.

"Saya ingatkan kepada pemda untuk menyerap dana atau anggaran dari pemerintah pusat tepat waktu agar pelaksanaan pembangunan di daerah berjalan lancar," kata Asisten Kepala UKP4, Sarma Marpaung di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Jumat.

UKP4 juga menyarankan khusus kepada pemerintah provinsi untuk memberikan pembinaan dan pengarahan kepada pemerintah kabupaten maupun kota terkait masalah penyerapan anggaran tersebut.

"Pemerintah provinsi mempunyai kewenangan memberikan pembinaan kepada pemerintah kabupaten atau kota tentang penyerapan anggaran pemerintah pusat agar dilakukan tepat waktu," jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga membuka layanan konsultasi termasuk sosialisasi langsung ke daerah jika memang diperlukan.

"Kami akan menjembatani pemda untuk akses ke pemerintah pusat terkait persoalan yang dihadapi terutama masalah penyerapan anggaran dengan harapan untuk meminimalkan pelanggaran penggunaannya," jelasnya.

Ia menegaskan selain menyerap anggaran tepat waktu, pemda juga diwajibkan membuat laporan penggunaan anggaran sebelumnya yang sudah dibelanjakan.

"Laporan penyerapan atau belanja anggaran pemerintah daerah atas dana pemerintah pusat tentu menjadi bahan bagi kami untuk mengevaluasinya," katanya.

Selain penyerap dana tepat waktu, katanya, pemda juga diharuskan menyusun rencana kerja pemanfaatan anggaran yang diusulkannya tersebut sehingga nantinya penggunaannyapun tepat sasaran.

Category: 

loading...


News Feed

Loading...