21 February 2020

Pembeli Jatim Siap Beli Pala Sulut

Konfrontasi - Pembeli asal Provinsi Jawa Timur (Jatim) Rio Hariono mengatakan, pihaknya siap membeli komoditas pala dan turunannya, dengan harga lebih tinggi dari yang diberlakukan pedagang lokal.

"Kami siap membeli komoditas pala, baik biji pala berkisar Rp85 ribu per kilogram (Kg), lebih mahal harga Manado saat ini Rp65 ribu per Kg, "kata Hariono, di Manado, Kamis (7/5).

"Begitu pula dengan fuli pala saya bisa beli dengan harga di atas angka Rp100 ribu per kg, lebih tinggi ketimbang di Sulut hanya Rp95 ribu per kg," jelasnya.

Kepala Bidang perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Hanny Wajong mengatakan, peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani pala asal Sulut.

"Ternyata pasar Surabaya mampu membeli dengan harga lebih tinggi, namun jangan lupa kualitas harus baik," kata Hanny.

Selain volume yang mampu dipenuhi, katanya, jangan pernah abaikan mutu produk karena mampu memberikan nilai tambah yang cukup tinggi.

Dia menjelaskan lewat ajang PLKA akan banyak hal-hal bisa diterima oleh petani dan pembeli, mata rantai perdagangan yang semakin singkat, juga petani akan langsung melakukan negosiasi.

"Saya berharap petani dan pembeli di Sulut dapat memanfaatkan ajang PLKA untuk memperluas akses pasar," jelasnya. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...