17 February 2020

Minta Pencabutan Subsidi Gas Melon Dibatalkan, Pedagang Ingatkan Janji Jokowi Saat Makan Bakso Bersama

KONFRONTASI-Paguyuban Pedagang Mie dan Baso (Papmiso) Kota Tangerang Selatan mengaku keberatan dengan wacana pencabutan subsidi gas 3 kilogram oleh pemerintah.

"Tentu kami sangat keberatan dan menolak rencana pencabutan subsidi gas melon oleh pemerintah," kata Ketua Papmiso Tangsel Sutrisno, Selasa (21/1).

Diterangkan dia, saat ini ada sekitar 25 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang menggunakan gas tabung 3 kilogram sebagai sumber pendukung usaha masyarakat, termasuk para pedagang mi dan baso yang ada di Tanah Air.

"Bila pemerintah tetap akan mencabut subsidi gas 3 kg, maka pemerintah tidak berpihak kepada rakyat kecil dan para pelaku UMKM, karena pencabutan subsidi itu pasti akan menaikkan harga gas menjadi Rp35.000 per tabung, tentu ini akan menambah biaya produksi yang akan berdampak terhadap kenaikan harga jualan kami," ucap pedagang mi dan bakso di Pasar Ciputat ini.

Dia mengaku, untuk sekarang ini saja daya beli masyarakat rendah. Dikhawatirkan, kenaikan harga produksi akan memengaruhi pelemahan daya beli masyarakat.

"Padahal untuk harga normal saat ini saja jualannya susah, jarang yang beli, apalagi nanti kalau harga dinaikkan pasti makin banyak yang tidak beli dan perputaran usaha tidak berjalan, maka akan banyak yang mengalami kebangkrutan dan pengangguran akan makin bertambah," tegas dia.

Papmiso Tangsel menilai, pencabutan subsidi gas 3 kg ini dinilai kontra produktif dengan UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM.

Dalam aturan tersebut terutama pada pasal 20 menyatakan pemerintah pusat dan daerah memfasilitasi pengembangan usaha dengan cara menyediakan intensif bagi usaha mikro, kecil dan menengah.

"Tapi yang terjadi saat ini intensif pada gas 3 kg ini malah akan dicabut oleh pemerintah. Besar harapan saya Presiden Jokowi berani membatalkan pencabutan subsidi gas 3 kg yang di usulkan oleh Dirjen migas kementerian ESDM yang beralasan untuk penurunan efisiensi sampai 20 persen. Semoga Bapak Presiden Jokowi masih ingat dengan janjinya waktu makan bakso bersama di Deltamas Cikarang, dan mengucap janji akan membantu dan memberdayakan pelaku UMKM, khususnya pedagang bakso dan mie ayam waktu itu," tegasnya.[mr/mdk]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...