16 June 2019

Medsos Dibatasi, UMKM Terancam Gulung Tikar

KONFRONTASI-Keputusan Menkopolhukam wiranto membatasi media sosial (medsos) seperti WhatsApp, Facebook, Twitter dan Instagram, berdampak negatif terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryani Motik mengatakan, pembatasan medsos membuat kesulitan para pelaku UMKM untuk mendongkrak bisnis mereka karena hampir sebagian besar pelaku UMKM menggunakan medsos untuk berjualan.

Apalagi, kata Suryani, saat ini, mendekati Lebaran dan tunjangan hari raya (THR) para pekerja mulai cair. Pelaku UMKM biasanya menunggu momentum tersebut untuk meraup cuan.

"Biasanya penjualan produk tertentu terutama kayak bahan makanan minuman, pakaian kemudian transportasi itu bisa naik 2-3 kali lipat," ujar Suryani di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2019).

Oleh karena itu, Suryani meminta kepada pemerintah untuk segera mencabut pembatasan medsos. Pelaku UMKM saat ini mengeluh karena kesulitan mengakses medsos yang menjadi lapak jualan mereka.

"Kita berharap pada kesempatan ini pemerintah cepat lah itu yang namanya Facebook, Instagram, itu dihidupkan balik lagi karena kasihan, WhatsApp juga. Kasihan jadinya kesempatan UMKM untuk meraup sekarang ini jadi agak terhambat karena mereka enggak bisa upload produk produknya pesanan-pesanannya," harap Suryani.[mr/inilah]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...