18 November 2019

Kemenhub Himbau Pemudik Tak Berhenti Lebih dari 1 Jam di Rest Area

Konfrontasi - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau kepada pemudik yang hendak melakukan arus balik lebaran untuk tidak terlalu lama berhenti di rest area. 

Sekretaris Jendral Kemenhub, Sugihardjo, mengatakan waktu maksimal bagi pengendara untuk berhenti di rest area ialah selama satu jam. Hal itu agar tidak terjadi antrean kemacetan yang hendak masuk ke rest area.

"Kami imbau kemasyarakat dua hal, pertama yang sudah berada di rest area, gunakan waktu secukupnya, paling banyak 1 jam, sudah cukup, karena masih ada pengguna lain yang membutuhkan," kata Sugihardjo di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Sementara bagi pengendara yang belum memasuki rest area, diimbau agar dapat memperhatikan kondisi lalu lintas, agar tidak memblok atau menutupi jalan pengendara lain.

"Bagi masyarakat yang belum masuk rest area perhatikan jangan sampai anda mengantre, trus memblok jalan, jadi ikuti instruksi petugas jika diminta melanjutkan perjalanan untuk pada rest area berikutnya," jelasnya.

Hal itu perlu dilakukan, sebab rest area menjadi salah satu titik kemacetan di jalan tol. Seperti yang terjadi di rest area KM 103 jalur Cikopo-Palimanan (Cipali). Kemacetan panjang terjadi hingga 12 kilometer (km).

"Antrean kebelakang itu sampai KM 115, jadi sekitar 12 km (kemacetannya), kemudian di rest area KM 130 anteran kebelakangnya KM 145, kira-kira 15 km kemacetannya," tukasnya. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...