24 August 2019

Kemenangan Trump Dongkrak Nilai Tukar Dolar

KONFRONTASI - Dolar AS melonjak ke level terkuat sejak Maret karena investor menyesuaikan diri atas realitas administrasi Donald Trump dan peningkatan ekspektasi inflasi.

Indeks dolar AS yang mengukur pergerakan greenback terhadap mata uang utama lainnya ditutup menguat 0,29% atau 0,281 poin ke level 98,785.

Seperti dikutip Bloomberg, investor sedang mencari petunjuk mengenai arah kebijakan Partai Republik apakah mereka akan lebih memacu inflasi daripada saat pemerintahan Presiden Barack Obama.

Greenback memperpanjang keuntungan terhadap sebagian besar mata uang utama setelah melemah sebanyak 3,8% terhadap yen ketika hasil pemilihan presiden pada Rabu mengejutkan hampir seluruh investor.

Kemenangan Trump meningkatkan prospek kebijakan fiskal yang longgar, mempercepat inflasi dan meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve.

"Dolar akan melakukannya dengan sangat baik dalam 12 bulan ke depan”, kata Bilal Hafeez, kepala riset valas global Nomura Holdings Inc, seperti dikutip Bloomberg.

"The Fed akan menaikkan suku bunga, AS akan terlibat dalam stimulus fiskal, yang sangat dibutuhkan oleh negara-negara di seluruh dunia, jadi kita akan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dan peningkatan inflasi," lanjutnya.(Juft/Bisnis)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...