12 November 2019

Kabinet Dirombak, IHSG Menguat

KONFRONTASI-Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis dibuka menguat tipis sebesar 1,78 poin setelah terkoreksi cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir, pasca perombakan kabinet.

"IHSG mengalami rebound, mengingat koreksi saham-saham domestik pada dua hari terakhir ini sudah cukup dalam," kata Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, Kamis.

IHSG BEI dibuka menguat 1,78 poin atau 0,04 persen menjadi 4.481,27. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 0,45 poin (0,06 persen) menjadi 752,77.

Alfiansyah menambahkan bahwa sebagian pelaku pasar juga mulai menanggapi positif perubahan susunan (reshuffle) Kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Rabu (12/8).

Diharapkan dengan masuknya beberapa nama dalam tim ekonomi dapat memberikan peranan besar bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia.



Ekonom Senior PT Mandiri Sekuritas Leo Putra Rinaldy menambahkan bahwa pesan dari pergantian itu adalah meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam pengambilan kebijakan antar kementerian.

Ia mengatakan bahwa sosok Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator, pada bidang ekonomi tidak perlu dipertanyakan karena memiliki jejak rekam dalam pembuatan kebijakan fiskal dan moneter.

Di sisi lain, Sekretaris Kabinet yang baru, Pramono Anung akan memberikan angin segar pada komunikasi antara pemerintah dan partai politik. Sementara itu, Rizal Ramli selaku Menteri Koordinator Kemaritiman yang baru dan Luhut Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan memiliki pengalaman pada aspek koordinasi.

"Meski begitu, para Menteri baru masih perlu diuji. Setelah sentimen reshuffle selesai, tahap berikutnya yang akan diawasi ketat oleh pasar adalah tindakan dan keputusan yang dibuat oleh Menteri baru. Jika mereka bisa meluruskan dan mengkoordinasikan kebijakan yang lebih efektif, dan mengkomunikasikan kebijakan dengan cara yang lebih jelas, pasar tentunya akan bereaksi positif," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng menguat 156,08 poin (0,65 persen) ke level 24.072,10, indeks Nikkei naik 68,31 poin (0,33 persen) ke level 20.461,28, dan indeks Straits Times menguat 29,75 poin (1,02 persen) ke posisi 3.093,76.[mr/ant]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...