11 December 2019

Jelang Libur Nataru, PT KAI Luncurkan Sancaka Utara Tujuan Surabaya-Yogyakarta

Konfrontasi - Menjelang Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan layanan KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasar Turi-Yogyakarta. Kereta tambahan ini berkapasitas 456 tempat duduk. Terdiri atas empat gerbong eksekutif dan empat kelas bisnis.

Peluncuran KA Sancaka Utara ini dilakukan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Jawa Timur, Minggu (1/12/2019). Dan disaksikan Direksi Keselamatan PT KAI John Robertho, serta Eksekutif Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya Suryawan Putra Hia.

“Kehadiran kereta ini untuk meningkatkan mobilitas masyarakat di wilayah Jawa Tengah bagian Selatan dengan masyarakat Jawa Timur bagian utara. Di wilayah itu ada tempat pusat bisnis, pertambangan, pariwisata dan tempat pendidikan yang saat ini tumbuh dengan pesat,” ujar EVP PT KAI Daop 8 Surabaya Suryawan Putra Hia, Minggu (1/12/2019).

Sesuai rencana, KA Sancaka Utara dijadwalkan berangkat dari Surabaya Pasar Turi pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 14.07 WIB. Sementara KA Sancaka Utara relasi Kutoarjo-Surabaya Pasar Turi, berangkat dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 17:15 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 00:35 WIB.

“Tarifnya menggunakan mekanisme tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA). Sebab, KA Sancaka Utara merupakan KA komersial (nonsubsidi). Rincian harga tiket dimulai dari tarif Rp Rp110.000,” katanya.

KA Sancaka Utara akan berhenti di 15 stasiun. Di antaranya Lamongan, Babat, Bojonegoro dan Cepu. Rute KA ini dimulai dari Stasiun Pasar Turi melalui jalur utara hingga Gambringan, kemudian berbelok melalui jalur tengah melalui Stasiun Gundih. Selanjutnya akan muncul pada jalur selatan di Stasiun Solo Balapan hingga stasiun akhir di Kutoarjo.

“Saat ini masyarakat sudah dapat memesan tiket keberangkatan untuk KA Sancaka Utara di berbagai layanan tiket, mulai dari loket stasiun, minimarket hingga layanan online berbasis aplikasi seperti KAI Access dan website resmi KAI,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubenur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyambut baik dan mendukung penuh atas beroperasinya KA Sancaka Utara ini. Dia berharap, tambahan kereta ini memudahkan mobilisasi para wisatawan dari Jawa Tengah berkunjung ke Jawa Timur, begitupun sebaliknya.

“Untuk meningkatkan sektor pariwisata di Jawa Timur ini, perlu jalinan kerja sama yang kuat antara Pemprov Jatim dengan pihak KAI,” tuturnya. (inws/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...