19 October 2019

Investor Borong Saham Bank, Bursa Eropa Ditutup Menguat

KONFRONTASI -   Bursa Eropa berhasil ditutup menguat pada perdagangan Kamis (19/9/2019), didorong aksi borong investor atas saham bank-bank di zona euro yang terdampak oleh sikap bank sentral AS Federal Reserve yang mengecilkan ekspektasi penurunan suku bunga lebih lanjut.

Dilansir dari Reuters, indeks bank zona euro melonjak 2,4 persen sekaligus mengakhiri penurunan selama tiga hari, sedangkan indeks saham zona euro naik 0,6 persen.

Saham bank-bank Italia dan Spanyol termasuk Bankia SA, UBI Banca, dan Banco Sabadell berada di antara top gainers Stoxx 600 setelah The Fed memotong suku bunga acuannya pada Rabu (18/9/2019).

Meski kembali menurunkan suku bunga, para pembuat kebijakan tetapi mengisyaratkan ketidakpastian yang tinggi dalam hal langkah pemangkasan lebih lanjut.

 

Bank-bank Eropa, bersama dengan sektor-sektor seperti penambang dan produsen mobil, telah naik dalam beberapa pekan terakhir karena investor beralih ke sektor-sektor siklus di tengah tanda-tanda meredanya tensi perdagangan AS-China dan dukungan dari bank-bank sentral utama.

"Bank-bank Eropa selama ini tertinggal dan harganya relatif murah,” ujar Teeuwe Mevissen, ekonom pasar senior di Rabobank.

 

Mevissen juga mengatakan langkah Bank Sentral Eropa (ECB) pekan lalu tentang sistem suku bunga berjenjang guna mengurangi dampak negatif suku bunga di bawah nol pada bank telah memberikan dukungan.

Indeks Spanyol dan Italia, yang sangat terekspos ke bank, mengungguli pergerakan pasar dengan kenaikan 1,2 persen dan 0,8 persen, masing-masing.

Sementara itu, saham-saham yang terdaftar di London naik 0,6 persen setelah Bank of England (BOE) mempertahankan suku bunganya seperti yang diperkirakan.

Saham top gainer pada Stoxx 600 adalah platform perdagangan online Inggris IG Group, yang melonjak 10,3 persen setelah mengatakan menambahkan lebih banyak klien dan melihat peningkatan aktivitas perdagangan pada Agustus.

Di sisi lain, peritel pakaian Next PLC meadalah top loser terbesar pada Stoxx 600 setelah mengungkapkan kinerja yang mengecewakan dalam beberapa pekan pertama musim gugur.(Jft/Bisnis)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...