23 January 2017

Ini Tiga Trik Cerdas, Agar Terbebas dari Jeratan Utang Kartu Kredit

KONFRONTASI -  Memiliki utang kartu kredit merupakan masalah yang sering dihadapi banyak orang. Memang tidak semua orang mempunyai kartu kredit, tapi mereka yang punya kartu kredit pastinya sering tenggelam dalam utangnya.

Apapun yang Anda inginkan, saat kartu kredit sudah dimiliki, maka mudah sekali untuk membelinya. Padahal membeli lewat kartu kredit bukanlah sesuatu ide yang baik.

Saat utang sudah menumpuk, maka kebanyakan orang akan susah dan lama juga untuk melunasinya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan hingga menghilangkan utang pada kartu kredit, seperti dilansir laman thebannercsi:

Mengorganisir pengeluaran

Salah satu metode yang paling baik untuk mengelola utang di kartu kredit adalah dengan membuat daftar secara detail setiap pengeluaran belanja kartu kredit.

Dengan mengorganisir pengeluaran dan bunga setiap kartu kredit, maka Anda akan tahu berapa banyak utang yang ada dan Anda pun bisa mencari cara untuk membayarnya dan berapa lama melunasinya.

Tetapkan anggaran

Langkah pertama saat mendapat gaji, bayarlah utang minimum yang ditagihkan, kemudian ambil sebagian uang untuk kebutuhan harian dan sisanya tabunglah di rekening Anda.

Setelah itu tetapkan batas anggaran dan usahakan jangan menambah utang lagi. Niatkan sementara waktu untuk tak berfoya-foya dengan membeli kebutuhan yang tidak perlu dengan kartu kredit, yanng terpenting adalah melunasi utang secepat mungkin.

Gunakan uang tunai

Sebisa mungkin belanjalah menggunakan uang tunai, karena dengan cara ini Anda tahu berapa banyak yang uang yang dimiliki dan bisa Anda gunakan.Kartu Kredit

Letakkan kartu kredit di tempat aman

Ada  banyak tempat aman untuk meletakkan kartu kredit atau belilah tempat khusus untuk kartu kredit Anda. Tidak harus yang mewah dan berlebihan, dengan meletakkan kartu kredit di tempat aman dan terkunci, maka Anda pun tidak dapat menggunakan mereka dan bahkan mungkin lupa bahwa Anda memiliki kartu kredit.

Minta tingkat bunga yang lebih rendah

Jika saldo Anda tinggi, tetapi Anda memiliki skor kredit yang baik, dan perusahaan kartu kredit melihat Anda selalu membayar tepat waktu, maka jangan ragu untuk meminta mereka menurunkan suku bunganya. Dengan melakukan ini, maka akan menjadi salah satu langkah lebih mudah untuk melunasinya.

Memiliki pekerjaan sampingan

Saat utang bertambah, maka hal lain yang bisa dilakukan adalah memiliki penghasilan tambahan. Caranya dengan mendapatkan pekerjaan sampingan, apapun yang bisa lakukan dan kerjakan yang terpenting Anda bisa mempunyai penghasilan tambahan di mana hal ini berguna ketika tiba saatnya untuk membayar tagihan Anda.Hapus informasi

Hapus informasi kartu kredit dari situs belanja online

Kemungkinan Anda memiliki beberapa informasi kartu kredit di situs online yang pernah dibelanjakan di mana Anda diminta mencantumkan informasi kartu kredit ketika membuat akun pribadi di situs belanja online.

Saat ini belanja online memang nyaman, tapi biasanya susah untuk menghilangkan kebiasaan belanja tersebut. Maka saatnya untuk menghapus. Dengan cara ini biasanya akan menghalangi Anda untuk mengisi keranjang belanja dengan pembelian yang tidak perlu

Gunting kartu kredit jika sudah bisa melunasinya

Dengan melakukan hal ini, maka Anda pun tidak dapat menggunakan lagi kartu kredit tersebut. Awalnya memang terasa sulit untuk tidak belanja menggunakan kartu kredit, tapi setidaknya ini akan mencegah demi kebiasaan belanja dengan kartu kredit, sehingga lama kelamaan Anda pun akan lupa masih memiliki kartu kredit.

Jika masih sulit menghindar dari kebiasaan menggunakan kartu kredit, maka hal yang perlu diketahui bahwa hal ini bukanlah terhindar dari masalah utang dan justru tidak menyelesaikan apa-apa, yang ada selama berutang maka akan menambah masalah dan kecemasan. Ikutilah langkah-langkah di atas dan  perlahan Anda pun bisa menyelesaikan utang kartu kredit yang ada saat ini. (Juft/Lpt-6)

Category: 

loading...
loading...

BACA JUGA:      

Loading...