15 November 2019

Ini Penyebab Indonesia Tertinggal

KONFRONTASI - Menteri Koordinator bidang Perekonomian periode 2001-2004, Prof. Dr. Dorojatun Kuntjoro-Jakti dalam forum "Dialogue on Indian Ocean: Strengthening Regional Cooperation in Indian Ocean" di Pusat Penelitian Oseanografi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, (9/6), mengatakan  Indonesia boleh berbangga karena ditunjuk sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2015-2017. Tapi Indonesia harus sadar bahwa negerinya tertinggal dari negara lain karena ketidakmampuaan memanfaatkan kekayaan alam yang ada.

Semua riset yang kita lakukan mengkonfirmasi bahwa Indonesia itu kaya. Tapi sayangnya risetnya hanya tinggal riset. Tidak ada upaya yang menjembatani temuan mengenai kekayaan yang dimiliki itu untuk dijadikan modal yang kuat bagi negeri ini,” kata Dorojatun.

Dorojatun bercerita tentang pengalamannya sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat ketika berkunjung ke peternakan udang milik seorang pengusaha di Hawaii. Dalam kunjungan tersebut, Dorodjatun menyaksikan produk udang super dengan kualitas tinggi dan bebas virus yang laku di pasaran dengan harga sangat tinggi.

Pengusaha udang tersebut, lanjut Dorojatun, menggunakan air laut yang terperangkap dalam bebatuan dari letupan gunung berapi purba sebagai medium ternak udang. Menurutnya, hal itulah contoh konkrit pemanfaatan kekayaan sebagai modal.

"Saya sarankan agar peneliti dan pengusaha bekerja sama sehingga riset berbuah inovasi yang dapat memberikan nilai tambah kekayaan alam yang dimiliki. Harus didukung juga oleh pemerintah," demikian Dorojatun.[rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...