21 November 2017

IHSG Dalam Momentum Bearish, Ada 5 Saham Pilihan

KONFRONTASI -  IHSG pada pekan ini cenderung berada pada rentang pergerakan 5993--6044. 

Lanjar Nafi, Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia menjelaskan indeks Nikkei (-0.82%), Topix (-0.70%), Hangseng (-0.05% dan KOSPI (-0.30%) tertekan diakhir pekan sedangkan Indeks Shanghai (+0.88%) menguat ditengah aksi jual dialami mayoritas indeks di Asia pasca minggu penguatan yang cukup optimis sejak awal pekan.

IHSG (-0.34%) ditutup melemah -20.63 poin dilevel 6021.83 dengan sektor trading (-1.19%), infrastruktur (-0.90%) dan Industri dasar (-0.89%) memimpin pelemahan mengalami aksi jual di akhir pekan.

Investor asing kembali tercata net sell cukup besar dilevel 1.21 Triliun rupiah dengan saham BBCA dan UNTR paling besar mengalami net sell.

Bursa saham di Eropa dibuka pesimis melihat pelemahan terjadi pada mayoritas indeks saham di Asia akhir pekan. Indeks Eurostoxx (-0.37%), FTSE (-0.21%) dan DAX (-0.32%) tertekan sejak awal sesi perdagangan seiring jatuhnya treasuri dan obligasi di Eropa.

Investor menilai ekuitas global telah mencapai titik jenuh setelah mayoritas menguat optimis sejak awal bulan ini.

Pekan depan pergerakan Asia dan Eropa akan terkontaminasi dengan beberapa data ekonomi seperti, Penjualan ritel dan Pertumbuhan pinajaman baru di Tiongkok, PDB di Jepang, Neraca perdagangan serta komposisi eksport import dan suku bunga di dalam negeri.

PDB di Eropa, Penjualan ritel dan Tingkat inflasi di AS. Semua data ekonomi tersebut mengarah pada perkiraan yang terkonsolidasi dan diperkirakan mampu sedikit membuat goncangan pada prospek pergerakan ekuitas global pada pekan depan.

Dari dalam negeri sendiri akan merilis data pertumbuhan pinjaman dengan ekspektasi tumbuh 8.5% dari 7.9% sedangkan neraca perdagangan diperkirakan oleh konsensus analyst terjadi defisit hingga mengurangi surplus dilevel $1.18B dari $1.76% dengan tingkat import yang bertumbuh.

Secara teknikal momentum profit taking terus menghantui IHSG setelah berkali-kali mencoba tutup di atas regresi pergerakan harga tahun ini (6060) dan +2 standart deviasi regresi medium trend (6050). Indikator RSI pun bergerak dalam momentum bearish dengan indikator Stochastic yang terlihat jenuh.

Pekan ini IHSG akan cenderung bergerak pada rentang 5993-6044.

Saham-saham yang masih dapat diperhatikan diantaranya: ICBP, INDF, INTP, ITMG, JPFA.(Jft/Bisnis)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...