19 June 2019

Harga Minyak Dunia Turun di Perdagangan Asia

Konfrontasi - Harga minyak dunia turun di perdagangan Asia pada Rabu (29/4), karena perkiraan laporan stok AS terbaru akan menunjukkan lonjakan lebih lanjut dalam cadangan minyak mentah, memperburuk kelebihan pasokan global, kata para analis.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni turun 15 sen menjadi 56,91 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent untuk penyerahan Juni merosot 16 sen menjadi 64,48 dolar AS dalam perdagangan sore.

Departemen Energi AS (DoE) akan merilis laporan mingguan pada Rabu sore.

Cadangan minyak mentah AS diperkirakan telah meningkat 2,9 juta barel dalam minggu yang berakhir 24 April menurut survei Bloomberg terhadap para analis.

"Pasar secara luas sedang menunggu angka persediaan AS karena laporan mingguan telah menjadi pendorong penting untuk perubahan harga minyak mentah," Ric Spooner, kepala analis pasar CMC Markets di Sydney, mengatakan kepada AFP.

Persediaan AS telah meningkat selama 15 minggu terakhir dan saat ini di berada tingkat tertinggi, berkontribusi terhadap membanjirnya pasokan global yang telah menjadi faktor utama untuk kejatuhan harga lebih dari 50 persen antara Juni hingga Januari.

Spooner mengatakan investor akan mengamati dengan seksama keadaan produksi minyak mentah AS, yang juga termasuk dalam laporan mingguan DoE.

Produksi AS sedikit menyusut dalam tiga dari empat minggu terakhir, tetapi masih melayang di sekitar sembilan juta barel per hari.

Para pedagang berharap pelambatan produksi minyak serpih (shale oil) AS bisa mengurangi kelebihan pasokan global.

"Jika angka produksi terus merosot atau datar, pasar akan lebih optimis selama beberapa hari mendatang," kata Spooner. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...