19 July 2019

Harga Minyak Dunia Turun di Perdagangan Asia

Konfrontasi - Harga minyak dunia turun di perdagangan Asia pada Senin (23/3) setelah Arab Saudi mengatakan sedang memproduksi lebih banyak minyak, sehingga kian memperburuk berlimpahnya pasokan global, kata para analis.

Patokan AS minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, turun 57 sen menjadi 46,00 dolar AS per barel, dan minyak mentah Brent jatuh 43 sen menjadi 54,89 dolar AS per barel pada perdagangan sore.

Daniel Ang, seorang analis investasi Phillip Futures di Singapura, mengatakan itu "masalah fundamental yang sama dari penawaran dan permintaan" yang mempengaruhi pasar.

"Harga minyak jatuh karena sentimen 'bearish' yang orang miliki terhadap minyak saat ini," katanya kepada AFP.

Harga telah merosot sekitar 60 persen sejak Juni tahun lalu, karena pasokan global komoditas, dipicu oleh produksi yang kuat di Amerika Serikat dan kartel OPEC, melebihi permintaan.

Bloomberg News mengutip Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi mengatakan pada Minggu bahwa negaranya memproduksi hampir 10 juta barel minyak mentah per hari.

Arab Saudi, produsen utama dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), memproduksi 9,85 juta barel minyak mentah per hari pada Februari, menurut Bloomberg. (akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...