29 February 2020

Harga Gas Elpiji 3Kg Bakal Naik, Menko Luhut: Semua Subsidi Bertahap Kita Kurangi

Konfrontasi - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mencabut subsidi pada elpiji 3 kilogram (Kg). Kenaikan harga elpiji 3Kg diperkirakan mencapai Rp 35.000 dari harga saat ini berkisar Rp 18.000 sampai Rp 21.000.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan pemerintah secara bertahap akan mengurangi subsidi yang selama ini diberikan. "Semua subsidi akan bertahap kita kurangin," kata Menko Luhut di Kantornya, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Alasannya, pemerintah melihat menilai subsidi tersebut kurang efisien. Namun, hal ini bukan berarti pemerintah ingin menyengsarakan rakyatnya. Dia berdalih pencabutan subsidi dilakukan dalam konteks efisiensi.

Sementara itu, pengganti subsidi bagi masyarakat miskin akan diberikan dengan skema baru. Yakni dengan cara memberikan bantuan langsung kepada yang membutuhkan.

"Kita akan berikan langsung (subsidi elpiji 3Kg) kepada orang yang membutuhkan itu," tandasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan nasib subsidi elpiji 3 kilogram (Kg). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan distribusi subsidi elpiji 3 Kg dilakukan dengan skema tertutup.

"Belum (diputuskan), harus lewat ratas," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1).

Dia menjelaskan nantinya dalam rapat terbatas akan ditentukan keputusan terkait hal tersebut. Kementerian ESDM, lanjutnya, juga belum memberikan laporan terkait rencana perubahan tersebut.

"Belum (putusan subsidi elpiji 3 Kg), sampai di ratas baru memutuskan setelah ada angka-angka," ungkap Presiden Jokowi. (mrdk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...