18 November 2019

Harga Bawang Merah di Semarang Naik

Konfrontasi - Harga bawang merah di beberapa pasar di Kota Semarang naik hampir 50 persen menyusul kelangkaan komoditas tersebut akhir-akhir ini.

"Kenaikan bawang merah mulai terjadi sekitar seminggu lalu, jika sebelumnya pada kisaran Rp14 ribu-16 ribu/kg kini menjadi Rp25 ribu-30 ribu/kg," kata salah satu pedagang sembako di Pasar Johar Wawan, Rabu (18/3).

Menurut dia, kenaikan harga tidak terjadi secara langsung melainkan bertahap, sedangkan mengenai perbedaan harga disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran bawang merah.

Wawan mengatakan, menurut pemasok yang biasanya mengirim bawang merah ke tempatnya berjualan, kenaikan harga merupakan akibat dari kelangkaan bawang merah di pasaran.

Pedagang lain Narni mengatakan, jika sebelumnya dia menjual bawang merah ukuran kecil di harga Rp12 ribu/kg untuk saat ini harganya menjadi Rp25 ribu/kg. Penjual lain Nur Khasanah mengatakan jika sebelumnya menjual di harga Rp15 ribu untuk saat ini dijualnya Rp24 ribu-27 ribu/kg.

Senada, pedagang sembako di Pasar Bulu Kasminah mengatakan kenaikan harga bawang merah sudah terjadi beberapa hari ini. Jika sebelumnya dia menjual di harga Rp15 ribu/kg untuk saat ini dijualnya dengan harga Rp24 ribu-27 ribu/kg.

Menurutnya, kenaikan tersebut tidak dilakukan secara sepihak oleh pedagang tetapi dari pemasok harganya sudah sangat tinggi.

Sementara itu, komoditas beras justru mengalami penurunan harga. Menurut salah satu pedagang di Pasar Johar Ratmi, harga beras C4 IR64 mengalami penurunan sebesar Rp500/kg.

"Harga beras C4 IR64 sebelumnya Rp9.500/kg dan sekarang Rp9.000/kg, sedangkan untuk beras yang lain harganya masih stabil," katanya.

Menurutnya, penurunan tersebut terjadi sekitar empat hari yang lalu. Penurunan terjadi karena beberapa daerah sudah melakukan panen raya sehingga stok beras mulai melimpah.

Sedangkan beberapa jenis beras lain yang harganya masih stabil di antaranya C4 super Rp10.000/kg, bramo Rp11.500/kg, dan mentik wangi Rp12.000/kg. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...