19 November 2019

Harga Bawang Merah di Jember Naik

Konfrontasi - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur terus merangkak naik hingga menembus angka Rp44.000 per kilogram.

"Hampir dua pekan terakhir harga bawang merah naik perlahan-lahan dari Rp20 ribu, kemudian naik menjadi Rp24.000, tiga hari kemudian naik menjadi Rp32.000 hingga hari ini naik mencapai Rp44.000 per kilogram," kata salah seorang pedagang bawang merah di Pasar Tanjung Jember, Ahmad, Rabu (23/12).

Menurut dia, kenaikan harga bawang merah tersebut dipicu karena pasokan bumbu dapur itu berkurang dari sejumlah daerah sentra penghasil bawang merah seperti Kabupaten Probolinggo, Situbondo, dan Bima.

"Stok bawang merah di tingkat petani Probolinggo menipis, sedangkan permintaan akan bawang merah di Jember meningkat karena ada momen Maulid Nabi Muhammad SAW dan Natal, sehingga menyebabkan harga bawang merah melambung tinggi," tuturnya.

Harga bawang merah di Pasar Tanjung Jember biasanya berkisar Rp20.000 hingga Rp25.000 per kilogram, namun sepekan terakhir harganya meroket menjadi Rp44.000per kilogram.

"Kemungkinan harga bawang merah terus naik hingga akhir tahun karena sejumlah daerah sentra penghasil bawang merah belum ada yang panen pada akhir Desember nanti," paparnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pedagang bawang merah lainnya, Doni yang mengurangi pembelian bawang merah kepada petani karena harganya terus merangkak naik.

"Kami menjual sisa stok yang ada karena harga bawang merah di tingkat petani sudah naik, sedangkan di sisi lain pembeli juga mengurangi pembeliannya dan pasokan di sejumlah pedagang juga mulai menipis," imbuhnya.

Sementara Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ESDM Jember, Eko Wahyu Septantono, mengatakan harga bawang merah dan bawang putih terus naik akibat pasokan yang berkurang di sejumlah pasar tradisional.

"Pasokan bumbu dapur itu memang berkurang di pasar tradisional karena belum ada panen raya di sejumlah sentra penghasil bawang merah," ujarnya.

Data Disperindag Jember tercatat harga bawang merah naik sebesar 10 persen, dari Rp40.000 menjadi Rp44.000 per kilogram, sedangkan harga bawang putih di kisaran Rp25.000 per kilogram. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...