29 May 2017

Hadapi MEA, Indofood Kembangkan Pasar Luar Negeri

KONFRONTASI-Perusahaan sektor konsumer PT Indofood Sukses Makmur Tbk akan terus mengembangkan bisnisnya ke pasar luar negeri untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015.

Chief Executive Officer (CEO) INDF Antoni Salim di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa perseroan sedang mengembangkan kerja sama dengan perusahaan gula asal Filipina yakni Roxas Holdings Inc.

"Filipina itu merupakan salah satu pasar yang berkembang. Jadi, kedepannya akan ada kerja sama, saat ini memang belum spesifik, apakah nanti kita akan membangun perusahaan patungan di Indonesia atau kami yang ke sana," ujar Antoni Salim usai rapat umum pemegang saham (RUPS).

Kendati demikian, ia mengemukakan bahwa saat ini kerjasama dengan perusahaan asal Filipina itu masih bersifat komplementer.

Dalam kesempatan itu, Direktur INDF Werianty Setiawan mengatakan bahwa untuk mendukung aksi korporasi perseroan, pihaknya menganggarkan dana belanja modal atau "capital expenditure" (capex) pada tahun 2014 sebesar Rp9,6 triliun.

"Anggaran capex sebesar itu juga akan dialokasikan kepada anak usaha, salah satunya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) sebesar 27 persen," ucapnya.

Sementara itu, dalam RUSP Indofood Sukses Makmur Tbk menyepakati untuk membagikan dividen sebesar sebesar Rp142 per saham.

"Pembagian dividen itu adalah bentuk apresiasi Manajemen Indofood yang diberikan kepada pemegang saham," ujar Anthoni Salim menambahkan.

Ia mengemukakan rasio pembayaran dividen yang akan diberikan kepada pemegang saham setara 50 persen dari laba bersih yang diperoleh Perseroan di sepanjang tahun 2013.

Tercatat, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada 2013 sebesar Rp23,2 persen. Sementara penjualan bersih untuk tahun buku 2013 sebesar Rp57,73 triliun.

 

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



News Feed

loading...

Baca juga


Loading...