20 April 2019

Gerak Kurs Rupiah 3 April 2018: Spot Dibuka Melemah 4 Poin di 13.757

KONFRONTASI - Pergerakan rupiah diestimasi akan menuju penguatan meskipun nilai tukar ditutup melemah dalam sesi dagang kemarin.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta mengatakan penguatan rupiah terhadap dolar AS lebih didorong oleh faktor stabilitas fundamental makroekonomi dalam negeri yang inklusif dan berkesinambungan.

Hal tersebut misalnya ditunjang oleh hasil perilisan data inflasi oleh BPS yang rata-rata di atas ekspektasi dari pelaku pasar. Begitupun juga data kunjungan wisatawan yang mengalami kenaikan signifikan.

Sementara itu, adapun faktor eksternal yang menyebabkan dolar AS lebih cenderung terdepresiasi adalah lebih disebabkan oleh faktor stabilitas harga komoditas dunia, terutama didorong oleh kenaikan harga minyak.

Diharapkan agar penguatan rupiah masih berlanjut sebab secara teknikal, pada daily chart masih terlihat pola bearish engulfing line candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi bearish continuation bagi USDIDR.

Namun demikian, para pelaku pasar perlu mencermati berbagai sentimen yang ada sehingga pergerakan dolar AS bisa stabil kembali, misalnya data ekonomi ISM Manufacturing PMI AS, data Manufacturing PMI Inggris dan negara-negara Uni Eropa lainnya, serta data-data ekonomi lainnya.

"Range USDIDR hari Selasa adalah: 13.705 hingga 13.760," demikian menurut risetnya.

Simak pergerakan rupiah secara live di Bisnis.com berikut ini(Jft/Bisnis)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...