13 December 2019

Empat Ribu Lebih Rumah di Dogiyai Papua Kini Diterangi Lampu Hemat Energi

Konfrontasi - Menjelang akhir tahun, upaya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menerangi daerah-daerah terpencil, tertinggal, terluar (3T) terus bergulir. Kali ini, sebanyak 4.680 rumah di Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua, mendapat giliran bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) gratis. 

Pembagian LTSHE untuk rumah-rumah belum terjangkau aliran listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berlangsung di Dusun Bukapa, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Kamis 13 Desember 2018. Dalam pemberian bantuan LTSHE itu, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, diwakili Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Wawan Supriatna, dan Staf Khusus Menteri ESDM Hadi M Djuraid. 

Menurut Wawan, pada 2018, program LTSHE menjangkau 16 provinsi. Hingga akhir Desember, LTSHE bakal sudah menerangi 167.215 rumah atau sekitar 97 persen dari target.

Selanjutnya pada 2019, program LTSHE direncanakan menerangi sebanyak 98.481 rumah di kawasan 3T di 27 provinsi.

"Tahun ini target pemasangan LTSHE di Dogiyai sudah terpenuhi, harapan kami tahun depan dapat melanjutkan pemasangan di dusun-dusun lain yang masih gelap," kata Wawan dalam acara sederhana di aula gereja setempat, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Jumat, 14 Desember 2018.

Masing-masing rumah mendapat satu paket LTSHE yang berisi papan panel surya, empat lampu LED beserta baterai, dan kabelnya, serta dilengkapi colokan untuk charge ponsel. Lampu digaransi nyala selama tiga tahun. 

Sebelumnya, Kepala Distrik Kamu, Moses Pigai, menyampaikan penghargaan kepada Kementerian ESDM. Ia berharap program ini dilanjutkan, karena belum semua rumah belum berlistrik mendapat pembagian LTSHE. 

"Supaya tidak ada lagi rumah gelap tanpa penerangan di Distrik Kamu dan di Dogiyai umumnya," ujar Moses. 

Tokoh masyarakat Bukapa, Pendeta Yohannes Tatiwau juga menyambut gembira tim Kementerian ESDM di rumahnya. Ia berterima kasih karena dusunnya telah mendapat pembagian LTSHE. 

"Sekarang sudah ada lampu di rumah, kita tidak lagi dalam gelap. Bisa mengerjakan banyak hal dalam terang. Anak-anak juga bisa belajar di malam hari," tuturnya. Anak-anak di Dusun Bukapa, Kabupaten Dogiyai, Papua, pun kini lebih ceria dari sebelumnya. 

LTSHE adalah implementasi Nawa Cita di sektor ESDM, dan merupakan terobosan Menteri ESDM Ignasius Jonan untuk mencapai target elektrifikasi nasional 99 persen pada 2019. LTSHE difokuskan untuk daerah-daerah belum terjangkau listrik PLN di kawasan  3T. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...