13 December 2019

Di Depan Kapolri, Sri Mulyani: Anggaran Belanja Anda Termasuk Tertinggi

Konfrontasi - Di hadapan Kepala Kepolisian RI Tito Karnavian dan jajaran polisi lainnya, Sri Mulyani menyinggung sedikit mengenai anggaran dan kinerja Kepolisian. Dia mengatakan, Kepolisian menjadi lembaga negara yang mendapat anggaran nomor tiga terbesar.

"Polri memiliki anggaran besar. Pagu realisasi Polri meningkat lima kali lipat dibandingkan 10 tahun lalu. Di 2016 anggaran Rp16 triliun, sekarang Rp98 triliun. Antar negara, Polri kita tidak jelek, dari porsi anggaran total belanja Anda termasukk tertinggi. Porsi dari seluruh anggaran terhadpa GDP hanya 0,18%," ujar Sri Mulyani saat menghadiri seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Negara Polri Pendidikan Regional ke-26 tahun 2017dengan tema "Harmonisasi Paradigma Kebijakan Institut Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional", di Auditorium PTIK, Jakarta, Kamis (20/10/2017).

Dengan anggaran yang tinggi, Sri Mulyani melanjutkan, dari sisi keuangan negara yang dibutuhkan adalah peran institusi negara yang memberikan keamanan dan kepastian hukum. Pertumbuhan ekonomi tidak akan bisa tumbuh jika institusi negara yang mengembang tugas tersebut tidak jalan.

"Saya terima kasih diundang, dan saya butuh dukungan Bapak, Ibu (Polisi) semua, saya butuh untuk bisa reformasi sehingga menjadikan reformasi, mewujudkan masyarakat adil, makmur dan bermartabat. Tidak kenyataan apabila institusi penegakan hukum tidak jalan," tuturnya.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah secara makro dan mikro berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi. Ekonomi yang baik bisa dicapai jika semua berjalan bersama dengan ditopang oleh kementerian dan lembaga (K/L) yang bertanggung jawab.

"Di sini saya bicara dengan para petinggi Kepolisian untuk menciptkan keamanan dan kepastian hukum. Karena mustahil tanpa ada keamanan semua bisa percaya pada Indonesia," ujarnya.

Lembaga pemerikat investasi dunia pun menyatakan, keamanan dan hukum menjadi penilaian layak investasi suatu negara. Oleh karena itu, lanjut Sri Mulyani, ketika insentif berupa tax holiday, tax allowance diberikan, para investor tetap akan melihat seperti apa keamanan dan kepastian hukum di negaranya.

"Jadi betapa pentingnnya peran Kepolisian ciptakan usaha yang sehat. Indonesia dapat banyak sekali upgrade dari sisi rating agency. Saya akui untuk bisa itu tidak hanya moneter dan fikal. Ini bisa apabila jaga institusi masing-masing. Lini kerja bersama kita semua, ini untuk kemajuan bagi kesejahteraan masyarakat," tuturnya. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...