16 October 2019

Defisit 3%, Sudah Lampu Kuning Setengah Merah? Dalam 4 Tahun, Jokowi Bayar Cicilan Utang hingga Rp 1.600 T

KONFRONTASI- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyatakan defisit transaksi berjalan jika sudah mencapai 3%, artinya sudah lampu kuning, alias perlu berhati-hati.

"Memang kalau dia sudah 3% atau lebih, itu selalu sudah harus mulai menganggap itu lampu kuning," kata Darmin ditemui seusai Salat Idul Adha di Masjid Al-Hakim, Graha Sucofindo, Jakarta Selatan, Rabu (22/8/2018).

Darmin pun menyadari defisit transaksi berjalan trennya terus melebar. Namun, dia menyampaikan sudah ada langkah-langkah yang disiapkan pemerintah untuk menekan defisit agar tidak kian melebar.

Utang pemerintah era Jokowi-JK kembali menjadi bahan perbincangan hangat. Kali yang menjadi sorotan adalah tambahan utang sepanjang Jokowi menjabat mencapai Rp 1.644,22 triliun.

Angka itu berasal dari perhitungan jumlah utang pemerintah pada 2014 sebesar Rp 2.608,8 triliun, kemudian bertambah menjadi 4.253,02 triliun per Juli 2018.

Meski begitu pemerintahan Jokowi-JK juga taat membayar utang cicilan. Besaran utang cicil yang telah dibayarkan sepanjang Jokowi menjabat hampir sama dengan besaran tambahan utangnya.

Lalu seberapa bahayanya tambahan utang tersebut? Apakah pemerintah bisa melunasinya? Apakah RI bisa hidup tanpa utang?

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...