18 January 2020

Bursa saham Eropa Sentuh Level Tertinggi Sejak Agustus 2015

KONFRONTASI - Bursa saham Eropa mencapai level tertinggi dalam dua tahun terakhir pada hari Senin (8/1/2018) karena kepercayaan terhadap pertumbuhan ekonomi global serta aksi merger dan akuisisi terus mendorong selera investor terhadap saham.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,27% atau  1,06 poin ke level 398,41, level tertinggi sejak Agustus 2015. Sebelumnya, indeks bergerak pada kisaran 397,72-398,96.

Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Prancis masing-masing menguat 0,4%, namun kenaikan poundsterling  menekan emiten pada indeks FTSE yang melemah 0,4%.

Dilansir Reuters, investor optimis pada aksi merger dan akuisisi, sementara penelitian pialang yang mengarah ke konsolidasi sectoral dan BNP Paribas mengenai pemotongan pajak AS akan memberi dorongan pada kesepakatan merger dan akuisisi termasuk di Eropa.

"Saat Eropa tertinggal dalam siklus ini, potensinya untuk pertumbuhan eksternal dan pembelian kembali saham setidaknya sama baiknya dengan di AS," ungkap BNP Paribas dalam sebuah catatan penelitian, seperti dikutip Reuters.

Di antara saham yang bergerak, emiten bioteknologi Belgia, Ablynx, melonjak setelah perusahaan tersebut menolak tawaran 2,6 miliar euro (US$3,1 miliar) dari produsen obat Denmark Novo Nordisk. Ablynx ditutup naik 45,3%, tepat di atas harga penawaran Novo Nordisk sebesar 30,5 euro per saham.

Sementara itu, saham prosesor pembayaran Wirecard mencapai rekor tertinggi setelah menguat 6,5% ke 105,9 euro per saham setelah perusahaan tersebut menandatangani kontrak baru dan analis KBW menaikkan target harga menjadi 114 euro.

Produsen mobil Italia-AS Fiat Chrysler naik sekitar 1% setelah sebuah catatan dari Morgan Stanley yang menyoroti potensi spin-off untuk merk Jeep.

"2018 merupakan tahun yang sangat penting bagi Jeep dari perspektif produk dan strategis, yang kami percaya dapat menarik perhatian investor dan terus membuka potongan harga pada saham," kata analis Morgan Stanley.(Jft/Bsinsi)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...