21 July 2019

Bos PT Panasonic Gobel Sodorkan 3 Tawaran Kerja untuk Karyawannya

Konfrontasi - Sekitar 508 karyawan PT Panasonic Gobel Indonesia dikabarkan telah melakukan pengunduran diri. Hal tersebut terjadi lantaran perusahaan melakukan restrukturisasi dengan menggabungkan pabriknya yang memproduksi lampu LED.

Chairman Panasonic Gobel Group, Rachmat Gobel menjelaskan, pihaknya sengaja melakukan aksi korporasi tersebut guna melakukan efisiensi di tengah ketatnya persaingan industri.

"Untuk menyikapi persaingan pasar yang lebih ketat, tentu perusahaan harus melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas," katanya di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Mantan Menteri Perdagangan itu juga menjelaskan, pihaknya sengaja menutup PT Panasonic Lighting Indonesia yang memproduksi lampu hemat energi jenis Compact Fluorescent Lamp (CFL). Namun tren pasar lampu di dunia lebih mengarah pada lampu jenis Light Emitting Diode (LED).

Sehingga pabrik tersebut dimerger dengan PT Panasonic Gobel Eco Solution Manufacturing Indonesia yang memproduksi lampu LED. Merger kedua pabrik tersebut dilakukan si Bogor. "Produk yang kami buat, khususnya alat kelistrikan, itu membuat lampu jenis CFL, dan tren produk itu sekarang ke LED. Apalagi cost produksi LED itu makin murah," katanya.

Selain menggabungkan pabrik, pihaknya juga menambah investasi terhadap teknologi pabriknya. Sehingga jumlah karyawan yang dipekerjakan otomatis berkurang. "Otomatis ada pengurangan pekerja. Dan lokasi pabrik tadinya tiga lokasi dipindah menjadi dua lokasi," tegasnya.

Sekedar informasi, Panasonic telah menawarkan tiga opsi terhadap karyawannya. Pilihan pertama, tetap bergabung di perusahaan untuk bergabung dalam proses produksi di Pasuruan atau Cilengsi. Kedua, diusahakan bergabung dalam kelompok Panasonic Gobel sesuai kemampuan dan keahlian masing-masing. Dan ketiga, memilih mengundurkan diri untuk berwirausaha. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...