18 July 2019

Berapa Tarif LRT Palembang Saat Asian Games 2018? Ini Jawaban Menhub

Konfrontasi - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kereta ringan atau LRT (Light Rail Transit) Palembang akan siap mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018. 

Moda transportasi kereta ringan pertama di Indonesia itu kata dia akan menyelesaikan uji coba kelaikan operasi di bulan April tahun depan sehingga bisa digunakan di bulan Agustus, saat gelaran Asian Games dimulai.

"LRT Palembang itu bulan Februari sudah selesai konstruksi. Kita sudah mulai ujicoba rel. Kereta terpasang. April sudah ada semuanya. Jadi kita masih ada cukup waktu untuk uji coba," katanya kepada detikFinance saat ditemui di Sabang, Aceh, Jumat (1/12/2017).

Budi bilang, LRT pertama di Indonesia itu nantinya akan bisa langsung dinikmati oleh atlet maupun masyarakat umum. Dia sendiri menginginkan agar pengenaan tarif ditunda dulu saat gelaran Asian Games berlangsung. Namun jika nanti dikenakan tarif, angka yang diusulkan adalah sebesar Rp 5.000 per orang.

"Saya akan berusaha agar saat Asian Games jangan dikenakan (tarif) dulu. Supaya ada satu pesta olahraga yang bisa dinikmati masyarakat. Tapi nanti itu pemerintah punya. Kalau pun ada tarif nanti paling cuma Rp 5 ribu. Daya beli masyarakat untuk satu tempat ke tempat lain segitu," ucapnya.

Namun demikian, Budi belum bisa mengungkapkan berapa tarif selanjutnya yang akan dikenakan ke masyarakat. Angka ini kata dia masih terus dibicarakan.

"Nanti kita riset lagi," tutupnya.

Adapun pembangunan LRT Sumsel progresnya per November 2017 sudah mencapai 72%. Selain Jembatan LRT yang sudah terbangun, LRT Sumsel yang pembangunannya dibagi menjadi 5 zona ini juga sudah mulai memasang rel kereta api. 

LRT Sumsel sepanjang 23,4 km menggunakan lebar jalur rel 1.067 milimeter dan third rail electricity 750 VDC. LRT Sumsel memiliki 13 stasiun di antaranya Stasiun Bandara, Asrama Haji, Telkom, RSUD, POLDA, Demang Lebar Daun, Palembang Icon, Dishub Kominfo, Pasar Cinde, Jembatan Ampera, POLRESTA, Stadion Jakabaring, dan Ogan Permata Indah, serta 1 depo kapasitas 14 train set yang terdiri dari 3 kereta, dan 9 gardu listrik. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...