26 August 2019

BEI Targetkan Tambahan 3 Indeks Baru 2019

KONFRONTASI -  Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menambah sekurang-kurangnya tiga indeks baru lagi pada tahun ini, sembari terus mengkaji dan mengevaluasi indeks-indeks yang sudah ada.

Hasan Fawzi, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, mengatakan bahwa BEI terus mengkaji kebutuhan investasi pelaku pasar, terutama terkait tema-tema investasi yang menarik.

Saat ini, BEI tengah bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) untuk menyusun indeks tematik seputar environmental, social and governance (ESG).

Hasan mengatakan, BEI kemungkinan akan menyusun indeks-indeks tematik baru seputar ECG, misalnya indeks khusus untuk masing-masing komponen ESG atau indeks gabungan yang seluruh konstituennya memenuhi kriteria ESG, tetapi berbeda dibandingkan indeks Sri-Kehati yang kini ada. 

“Kita ingin menghadirkan indeks yang lebih mendekati kebutuhan pada pengelola dana atau manajer investasi. Sudah banyak MI yang datang ke kami dan menyatakan adanya dana-dana terutama dari investor asing yang sebetulnya sudah menambah kriteria ESG ini dalam penempatan dananya,” katanya, Jumat (8/2/2019).

Bulan ini, BEI baru saja mengaktifkan satu indeks baru, yakni IDX80 dengan prinsip pembobotan berdasarkan free float. Menurutnya, setelah IDX80 akan menyusul lagi setidaknya 3 indeks lainnya.(Jft/Bisnis0

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...