21 November 2017

Anda Pemain Baru di Bisnis Online? Ini 13 Tips Jitu Untuk Anda!

KONFRONTASI -  Di zaman yang serba internet seperti sekarang ini, yang namanya berbisnis online mulai banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Karena selain lebih mudah dan efisien secara biaya, bisnis online lebih banyak menghasilkan keuntungan karena konsumennya yang berasal dari berbagai kalangan.

Mengetahui betapa menggiurkannya bisnis online ini, pasti kamu ingin juga menggelutinya? Sebab siapa yang tahu, ternyata dari hal itulah kesuksesanmu datang. Namun jangan karena alasan 'mudah' kamu jadi menggampangkan segala hal, perlu juga adanya perhitungan dan beberapa peraturan yang harus kamu taati dalam berbisnis online. Selain itu kamu juga harus mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan serta bagaimana langkah-langkah tepatnya. Nah, berikut 13 Tips Jitu Untuk kamu si Pemain Baru di Bisnis Online.

1. Internet dan laptop adalah modal utama pelapak online

Jelas langkah pertama dan yang paling utama dalam berbisnis online adalah memiliki media penjualannya, yaitu laptop atau komputer dan dan tentu saja internet. Namun bila media-media tersebut dirasa kurang fleksibel dan kamu tidak punya cukup biaya untuk memilikinya, bisa juga menggunakan smartphone yang mendukung internet.

2. Gunakan situs Jual-beli, Sosial Media, Atau Blog Gratisan Untuk Menjual Produk Penjualanmu.

Sosial media, situs jual-beli, atau blog gratisan, bisa kamu jadikan media untuk berjualan. Namun, kalau modal bisnismu besar, tidak ada salahnya membeli domain website. sulit meraih konsumen? Manfaatkan Online marketplace. Dengan begitu, konsumen akan mencari kamu. Bukan kamu yang mencari konsumen.

3. Rutin Merawat Bisnis Online

Media penjualan sudah dipilih. Sekarang fokus pada penampilan mediamu. Untuk melakukannya, unggahlah beberapa foto produk yang kamu jual lengkap dengan deskripsinya. Kamu harus melakukan kegiatan ini dengan rutin agar konsumen tidak bosan melihat lapak bisnismu.

4. Jangan Mengambil Foto dari Bisnis Orang Lain

Agar bisnis online-mu terlihat orisinil dan berkualitas, upayakan untuk tidak mengunggah foto dari bisnis online orang lain. Karena jika pemiliki foto tersebut tahu kamu memasang fotonya di lapakmu, ia akan protes dan mencibir di kolom komentar tempatmu atau tempatnya. Dan konflik seperti ini tidak bagus jika dilihat konsumen.

5. Deskripsikan Produk dengan Jelas, dan Jangan Pelit untuk Memberi Diskon

Kepercayaan konsumen itu kode etik penting yang harus diprioritaskan dalam berbisnis. Oleh sebab itu, terbukalah pada setiap kriteria produk penjualanmu. Sebab bisnis online adalah media penjualan, di mana konsumen tidak dapat melihat kondisi produk secara langsung. Jadi deskripsikan secara jelas produk yang kamu jual dengan meliputi merek atau nama, jenis, warna, bentuk, stok, kondisi (bekas atau baru), dan beratnya.

6. Identitas Kamu Sebagai Penjual Harus Jelas

Penting mencantumkan Identitas dan kontakmu secara lengkap di lapak online. Namun tidak harus membeberkan alamat lengkap atau data diri lainnya. Cukup nama dan kontak yang mudah dihubungi. Alamat lengkap boleh kamu berikan jika ada kesepakatan COD (cash on delivery) saja.

7. Buat Cara Pembelian yang Jelas

Dalam hal ini kamu harus memberitahu pada konsumen agar membayar produk 100 persen baru pesanan dapat dikirim. Dan sertakanlah nomor resi untuk konsumen bila pengiriman sudah dilaksanakan.

8. Jangan Setengah Hati Mengurus Lapak Bisnis Online

Berikutnya promosikan bisnismu dan tunggu bagaimana respons konsumen. Ingat! Selama menunggu respons penjualan, kamu harus menetapkan komitmen untuk selalu fokus dan bersabar selama apapun itu. Karena Jika niatmu hanya setengah hati, bisnismu bisa berhenti di tengah jalan.

9. Jadilah Penjual yang Jujur

Kejujuran adalah modal utama bagi pebisnis online. Jangan memalsukan aspek apapun dalam produk hanya karena ingin mendapat untung besar. Sebab kepercayaan konsumen adalah kredit utama yang harus kamu prioritaskan.

10. Catat Keuanganmu

Walaupun bisnismu laris manis, anehnya uang yang dihasilkan tidak kunjung membuatmu kaya. Karena tanpa disadari siklus keuanganmu hanya berputar untuk modal penjualan saja. Inilah perlunya mencatat keuangan. Karena jika tidak, bagaimana kamu tahu untung rugi penjualanmu?

11. Jalan-jalan ke berbagai Tempat

Jalan-jalan bermanfaat tidak hanya untuk silaturahmi dan mempromosikan bisnis saja, tapi juga sebagai kegiatan yang bisa membuatmu memperoleh info mengenai hal apa saja yang dapat membuatmu mengembangkan produk.

12. Jangan Takut Berkompetisi Dengan Pesaing

Semua bisnis selalu memiliki pesaing. Jadi persiapkanlah bisnismu dengan semenarik mungkin agar mampu berkompetisi dengan mereka. Ciptakan inovasi baru terhadap bisnis, agar mengungguli pesaingmu. Misalnya, bonus atau produk baru.

13. Rutin Mengecek Lapak Bisnis Online

Konsumen pada dasarnya senang dengan penjual yang responsif. Jadi sering-seringlah mengawasi notifikasi pada laptop atau smartphone. Dengan begitu kamu akan tahu kapan konsumen datang untuk memberi uang.

Mau eBook Tentang "Rahasia Orang Kaya Dalam Mengumpulkan Pundi Kekayaan Sehingga Mereka Sampai Saat Ini Semakin Kaya" senilai Rp 397.000,- Khusus Hari Ini Gratis Untuk Anda. (Juft/Detik)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...