13 December 2019

4 Kota Terbaik Untuk Investasi Properti

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa lokasi menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis properti, salah menentukan lokasi bisa-bisa properti yang dimiliki tidak akan memberikan keuntungan bagi pemilik, namun sebaliknya jika menanamkan investasi di tempat yang tepat, maka pundi-pundi keuntungan akan menghampiri.     

Berkaitan dengan hal tersebut, perusahaan riset dan konsultan properti Coldwell Banker Commercial Indonesia baru-baru ini telah mengemukakan beberapa lokasi investasi terbaik untuk tahun 2016, lokasi tersebut merupakan kota-kota yang dianggap akan menjadi lokasi yang berpotensi menawarkan keuntungan untuk berinvestasi properti.

Menurut Tommy H Bastamy, Partner Strategic Advisory Coldwell Banker Commercial Indonesia pemilihan lima kota tersebut, berdasarkan beberapa aspek salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi di kota tersebut di atas rata-rata nasional. Selain itu, harga rata-rata rumah dijual di sana juga tidak terlalu tinggi, sehingga sangat cocok untuk berinvestasi properti.  

Nah, bagi Anda yang penasaran kota di mana saja di Indonesia ini yang diperkirakan akan menjadi daerah favorit untuk investasi properti, berikut ini penjabarannya :

Bali

Bali selalu berada di urutan teratas yang menjadi incaran para investor untuk membuka usaha baru dan menanamkan modalnya di bisnis properti. Bisnis properti yang berkembang di Bali dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk label Bali sebagai destinasi tujuan wisata kelas dunia yang mendatangkan banyak wisatawan. Rata-rata harga rumah dijual di Bali sendiri mencapai

Semarang

Kegairahan bisnis properti di Semarang mulai terlihat sejak tiga tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan berbagai pengembangan mulai dari apartemen, hotel, pusat belanja, perkantoran, hingga pergudangan dan kawasan industri.

Proyek-proyek tersebut dibangun tidak saja oleh pengembang lokal. melainkan juga raksasa properti nasional seperti Lippo Group, Sinarmas Land Group, dan Ciputra Group. Rata-rata rumah dijual di Semarang mencapai Rp 146 jutaan untuk tipe 36.

Yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga memiliki potensi yang sangat tinggi untuk para investor properti terutama untuk proyek-proyek apartemen khusus mahasiswa. Terbukti beberapa pengembang berlomba-lomba membangun apartemen yang berdekatan dengan kampus-kampus perguruan tinggi. Sebut saja PT Adhi Persada Properti (APP), Sahid Group, dan PT HK Realtindo.

Setiap tahunnya, ada ratusan ribu mahasiswa baru mendaftarkan diri ke Yogyakarta, hal ini menjadikan peluang yang sangat menjanjikan untuk menyewakan unit apartemen kepada mereka. Adapun rata-rata harga sewa unit apartemen mahasiswa di Yogyakarta mencapai Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per bulan.  

Bodetabek

Sebagai daerah penyangga ibu kota Jakarta, kawasan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), tentu menjadi area yang paling diincar oleh investor properti, semakin terbatasnya lahan di wilayah Jakarta dan terbukanya jaringan akses jalan membuat wilayah tersebut kian diburu oleh pembeli.

Beberapa pengembangan real estate skala besar telah berkembang terlebih dahulu dalam kota-kota ini. Bahkan peningkatan harga tanah di sana melonjak hingga 20% hingga 30% setiap tahunnya.   (*)

 

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...