21 November 2017

Yogya Jadi Tuan Rumah Festival Bonsai Internasional

KONFRONTASI-Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah festival bonsai internasional. Kota Yogyakarta akan menjadi tempat untuk menggelar festival tersebut, 18-21 Oktober 2014. Dalam ajang bertajuk International Bonsai, Art and Culture Biennale (IBACB) itu, panitia mencatat sedikitnya perwakilan 20 negara berpartisipasi.

"Sampai hari ini sudah ada 215 tamu dari luar konfirmasi kedatangan, termasuk para master bonsai asal mancanegara," kata Ketua Panitia Bidang Kebudayaan IBACB Didik Irawan kepada Tempo, Sabtu, 18 Oktober 2014.

Festival itu digelar di tiga titik kota di Yogyakarta: Benteng Vredeburg, Bangsal Srimanganti Keraton Yogya, dan Gedung Societed Taman Budaya. Didik berharap festival itu bisa mengukuhkan Indonesia sebagai kiblat baru seni bonsai. Hal tersebut terjadi agar bonsai tak melulu mengacu pada negara-negara asal seperti Tiongkok dan Jepang.

Menurut Didik, mulai hari kedua sampai hari terakhir akan ada demo dari 12 master bonsai dari berbagai negara. Pengungung bisa belajar mengembangkan bonsai gaya baru. Misalnya sistem potongnya, membuat bagian pohon menunduk, hingga cara perawatan. Untuk demo bonsai dikonsentrasikan di Gedung Societed.

Para master bonsai Indonesia pun dipastikan hadir seperti Robert Steven serta Sulis Winda. Sedangkan master bonsai manca yang hadir seperti asal Filipina, Jun Ilaga.

Peserta mancanegara tidak akan membawa koleksi bonsai mereka untuk dipamerkan. Para pecinta bonsai asal luar ini menjadi delegasi untuk menyaksikan festival kali pertama yang mempertemukan puluhan komunitas ini. [mr/tmp]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...