25 August 2019

Warga Grajagan Gelar Ritual Adat "Mantu Kucing"

Konfrontasi - Warga Desa Grajagan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (6/11), menggelar ritual adat "Mantu Kucing" sebagai tradisi untuk meminta hujan.

"Tradisi mantu kucing merupakan ritual yang dilakukan sejak tahun 1930 dan digelar pada musim kemarau karena tujuannya untuk meminta hujan karena hingga kini belum turun hujan," kata warga Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo, Hariyanto.

Para warga berjalan kaki menuju ke sumber mata air dengan menggendong dua kucing yang akan dinikahkan dan tradisi tersebut dilakukan di sebuah sumber mata air yang sering disebut umbul di desa setempat.

"Biasanya ritual mantu kucing dilakukan pada bulan November, tepatnya hari Kamis malam Jumat Kliwon atau Jumat legi dan hari ini merupakan Kamis malam Jumat Kliwon," tuturnya.

Ritual untuk meminta hujan tersebut dilakukan dengan menikahkan dua ekor kucing jantan dan betina yang dibawa oleh kepala Jogo Tirto yakni Jogo Tirto Timur dan Barat.

Prosesi ritual mantu kucing tersebut diawali dengan mengarak kedua mempelai kucing seperti mengiring pengantin yang dilakukan dari pojok kampung menuju tempat yang sudah ditentukan yakni sebuah sumber mata air, dengan diiringi kesenian jaranan.

Dua ekor kucing dipertemukan di tepi mata air, kemudian kedua mempelai kucing tersebut disiram dengan air yang dicampur bunga dan selanjutnya pasangan pengantin kucing itu diletakkan di sumber mata air.

"Syarat untuk melakukan upacara adat tersebut dimulai dengan kesenian jaranan, kemudian dilengkapi dengan sajian berupa pisang raja atau pisang ayu, kembang telon, cokbakal, dawet tawar, dan dawet manis," paparnya.

Warga mengakhiri ritual tersebut dengan acara makan bersama di bawah pohon beringin di sekitar mata air setempat.

Ritual adat Mantu Kucing yang bertempat di Desa Grajagan tersebut di hadiri Camat Purwoharjo beserta forum pimpinan kecamatan (Forpimka) dan kepala desa setempat. (akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...