18 November 2018

Wali Kota Malang: Budaya Lokal harus dipatenkan

KONFRONTASI -  Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan budaya lokal harus dicintai dan dijaga dengan sebuah hak paten sebelum dicontek atau diakui bangsa lain. Malang dan sekitarnya yang memang dikenal kaya warisan budaya harus dilakukan inventarisir secara keseluruhan.

"Seluruh warisan budaya harus dipatenkan. Kami sudah investarisasi budaya-budaya Malangan yang ke depan agar tidak diambil orang lain. Mudah-mudahan budaya yang ada di Indonesia tidak dicontek dan pada gilirannya diambil oleh negara lain,” ujar Sutiaji dalam Festival Pesona Lokal Malang di di Lapangan Rampal Malang, Minggu (14/10).

Festival Pesona Lokal Malang yang bernuansa budaya membawa misi di tengah kegelisahan bangsa Indonesia yakni generasi muda yang lupa akan budayanya. Modernisasi menjadi keharusan tetapi bukan menjadi westerinasi.

"Otak kita boleh meniru Jerman, Jepang. Kita terampil boleh seperti Korea, tapi sesungguhnya kita menjadi orang Indonesia dengan begitu banyak pulau itulah yang tidak dimiliki negara di dunia,” katanya.

Acara Festival Pesona Lokal Malang digelar oleh Adira Finance dan Kementrian Pariwisata. Aneka kegiatan digelar dalam Festival Pesona Lokal Malang di antaranya karnaval budaya, lomba kreasi makanan daerah, lomba mural pesona kotaku, lomba UMKM terbaik, pasar rakyat dan panggung hiburan.

Swandajani Gunadi, Direktur Marketing dan SDM Adira Finance menyampaikan komitmennya dalam melestarikan budaya dan ikon budaya lokal. Malang sebagai kota kelima dalam penyelenggaraan tersebut.

"Ini sebagai wujud komitmen dari kami mengangkat budaya lokal dan mengangkat ikon kebudayaan lokal. Tujuan Festival Pesona Lokal adalah memperkenalkan budaya kepada generasi-generasi muda yang saat ini mungkin sudah sedikit lupa dengan budaya lokal juga membangun perekonomian agar pertumbuhannya bisa lebih baik dengan menarik wisatawan," ujarnya.

Festival Pesona Lokal Malang sendiri digelar di 9 kota yakni Bandung, Solo, Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang dan Jakarta. Kemenpar juga akan memberikan penghargaan sebagai penyelenggara Festival Pesona Lokal terbaik dalam program Indonesia Award di iNews, November mendatang.(Jft/Merdeka)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...