14 November 2019

TMII Gelar "Satu Indonesiaku Songsong Mentari 2015"

KONFRONTASI-Kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menggelar acara "Satu Indonesiaku Songsong Mentari 2015" dengan tema persatuan dan kebhinekaan budaya Indonesia, yang akan berlangsung pada Kamis pagi.

"Pagelaran akan dimulai pukul 10.00 WIB, di lokasi Candi Bentar di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, dan terbuka untuk umum," ujar Kepala Bagian Diklat Bidang Budaya TMII Endang Sari Dewi di Jakarta, Kamis.

Endang mengatakan acara Songsong Mentari 2015 akan menampilkan tari-tarian dari zona perwakilan daerah di 33 Provinsi Indonesia, untuk memaknai persatuan dan kebhinekaan khasanah budaya Indonesia.

"Penarinya adalah kelompok potensi bina seni Taman Mini Indonesia Indah," ujar Endang.

Di penghujung tahun 2014, Rabu malam, Komite Perdamaian Dunia telah menetapkan TMII sebagai Taman Peradaban Internasional dan Wahana Perdamaian Dunia, lantaran TMII memiliki Plaza KTT Nonblok yang bersejarah.

"Tahun 2015 adalah tahun kebangkitan peradaban dan budaya sebagai panglima dalam pembangunan dunia yang berkesinambungan," ujar Presiden Komite Perdamaian Dunia Djuyoto Suntani.

Dia mengatakan penetapan TMII sebagai Taman Peradaban dan Wahana Perdamaian Dunia, lantaran TMII menjelang usianya ke-40 tahun pada April 2015, telah dikunjungi 175 tamu negara dari 108 negara nonblok, lebih dari 1.000 tokoh dunia, serta lebih dari setengah miliar pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Direktur Operasional TMII Ade F Meyliala berharap melalui pengakuan tersebut, TMII akan semakin dikenal di dunia internasional, baik sebagai ruang budaya maupun representasi Indonesia.

"Kita tentu ingin lebih dikenal. Karena Komite Perdamaian Dunia beranggotakan 200 negara, maka pengakuan ini menjadi pintu bagi TMII dan Indonesia, di mata dunia," kata dia.[mr/akt]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...