23 May 2018

Telah Mendaftar, 6 Bakal Calon Rektor UIN Ar-Raniry -Banda Aceh

KONFRONTASI -  JIKA Kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sudah memilih rektor kemarin, Kampus Univeristas Islam Negeri (UIN) Ar-Rariny justru masih dalam tahap seleksi bakal calon rektor. Sebanyak enam bakal calon rektor di kampus tetangga Unsyiah itu dilaporkan telah mendaftar ke pantia penjaringan pada hari terakhir pendaftaran, Senin (5/2).

Adapun keenam bakal calon tersebut adalah Prof Dr Misri A Muchsin MAg, Prof Dr Jamaluddin MEd, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, Prof Warul Walidin Ak MA, dan Prof Dr H Syamsul Rijal MAg.

Keenam profesor ini masing-masing mendaftar dalam waktu berbeda pada hari terakhir kemarin di ruang pendaftaran bakal calon rektor di Kampus UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh.Juru Bicara Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Ar-Raniry, Dr Jamhuri MA kepada Serambi kemarin mengatakan, proses penjaringan bakal calon rektor UIN telah dimulai sejak 22-26 Januari, dengan agenda pengumuman dan sosialisasi penjaringan bakal calon. Sedangkan pendaftaran dan penerimaan berkas para bakal calon dimulai 24 Januari hingga 5 Februari 2018.

Kemarin merupakan hari terakhir pendaftaran. “Dan ternyata semua bakal calon rektor kita mendaftar pada hari terakhir, tadi kita terima dalam waktu yang beda-beda. Ada yang siang, ada juga yang mendaftar menjelang penutupan pukul 5 sore,” sebut Jamhuri.

Selanjutnya, panitia penjaringan, kata Jamhuri, akan menyeleksi berkas keenam bakal calon yang sudah masuk tersebut. Jadwalnya mulai 6-9 Februari. Setelah itu, semua berkas yang telah diverifikasi akan diserahkan ke rektor pada 13 Februari. “Kemudian pada 15 Februari rektor akan menyerahkan ke senat untuk dilakukan penilaian dan pertimbangan kualitatif pada tangga 19-26 Februari,” katanya.

Setelah itu, senat akan menyerahkan kembali ke rektor, lalu pada 27 Februari rektor akan menyampaikan hasil penilaian senat ke komisi seleksi Kementarian Agama di Jakarta. “Senat sifatnya hanya memberi penilaian tidak menggugurkan. Tim seleksi di kementerian nanti yang akan menggugurkan. Nama terakhir yang akan diserahkan ke Menteri Agama hanya tiga orang,” pungkas Jamhuri.

Keenam bakal calon rektor yang telah mendaftar tersebut, jika diamati, merupakan tokoh akademisi di UIN Ar-Raniry. Prof Dr Misri A Muchsin, misalnya, pernah menjabat Dekan Fakultas Adab dan Humaniora. Sedangkan Prof Dr Jamaluddin MEd, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, juga menjabat Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh.

Selanjutnya, Prof Dr Syahrizal Abbas, selain pernah menjabat Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh pada masa Pemerintahan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, kini dipercaya sebagai Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry. Sedangkan Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA adalah Rektor UIN Ar-Raniry saat ini. Ia menjabat sejak dilantik Menteri Agama RI, Lukman Hakim pada 19 Juni 2014.

Dua lainnya, Prof Warul Walidin Ak MA adalah Ketua Majelis Pendidikan Aceh (MPA) dan pernah menjabat Rektor Universitas Abulyatama, Aceh Besar. Sedangkan Prof Dr Syamsul Rijal Mag saat ini menjabat Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry. Sebelumnya Syamsul menjabat Dekan Fakultas Ushuluddin di universitas itu.(Jft/Serambi)

Category: 
Loading...