26 May 2018

SDN 13 Meulaboh Wajibkan Guru dan Siswa Baca Alquran Sebelum Belajar

Konfrontasi - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 13 Ujong Kalak Meulaboh, Aceh Barat memberlakukan aturan wajib baca Al-quran bagi seluruh guru dan murid di sekolah itu. Aturan tersebut sebagai bentuk dukungan pelaksanaan syariat islam di Aceh Barat.

Kepala Sekolah SDN 13 Meulaboh, Ridwan Hamid, S.Pd, Jumat (19/2/2016) mengatakan, pemberlakuan baca al-quran bersama dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada anak didik sedini mungkin.

“Selain wajib al-quran sebelum memulai pelajaran, kita juga berlakukan hari al-quran bersama tiap Jumat,” kata Ridwan usai memimpin hari al-quran bersama di halaman sekolahnya.

Sejak ditunjuk sebagai kepala sekolah SDN13 Meulaboh yang baru 29 Januari 2016, ia bersama seluruh komite sekolah telah menetapkan beberapa program unggulan yang sebelumnya belum pernah ada di sekolah itu. Diantaranya adalah wajib baca al-quran tiap memulai dan berakhirnya pelajaran, jam belajar tambahan, hari al-quran bersama, melek informasi teknologi dan pengembangan bakat minat di bidang seni dan olahraga.

“Ini merupakan hasil implementasi studi banding yang dilakukan beberapa waktu lalu ke Terengganu Malaysia bersama Dinas Pendidikan dan Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Barat,” jelasnya.

Ridwan berharap, program-program yang telah dirancang tersebut dapat menjadikan SDN 13 Meulaboh sebagai sekolah unggulan dan memiliki identitas yang jelas di masa mendatang.

“Impian saya sederhana, sekolah ini harus memiliki karakter khas yang nantinya dikenal luas oleh masyarakat,” harapnya. (ar)

Category: 
Loading...