8 December 2019

Rizal Ramli Soroti Minimnya Karya Ilmiah Profesor

Konfrontasi - Karya ilmiah dari profesor atau guru besar di Indonesia dalam tiga tahun terakhir sangat minim. Hal ini turut menjadi sorotan dari ekonom senior, Rizal Ramli.

"Saat ini doktor makin banyak, tapi mereka tidak inovatif dan kreatif. ‎Menurut saya aneh, fasilitas fisik gedungnya bagus, dosen banyak lulusan luar negeri tapi gak ada tuh karya ilmiah," celetuknya saat memberikan Orasi Ilmiah bertajuk : Dinamika Perekonomian indonesia Tantangan dan Peluang Dalam Disrupsi Ekonomi" di STIE Ahmad Dahlan, Tangerang Selatan, Sabtu (10/3/2018).

Diketahui dari hasil evaluasi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi per tiga tahun, tercatat dari 5366 profesor yang ada, ternyata hanya 1555 orang yang memenuhi syarat publikasi sebagaimana diamanatkan dalam Permenristek-Dikti No 20/2017.

Ini menunjukkan bahwa hanya 1 banding 3 profesor yang terbukti mampu melahirkan karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

‎Hal lain yang membuat Rizal Ramli sedih yakni universitas di Indonesia yang dulunya top dan diakui, kini kian turun peringkat.

"Universitas kita gak survive. Zaman saya ITB masih posisi 60 -70. Hari ini universitas top di Indonesia nomor 400an," tambahnya. (trbn/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...