24 February 2018

Pameran "Gemstone" Bakal Digelar Lagi di Kota Semarang

Konfrontasi - Pameran dan lomba "gemstone" (batu mulia) bakal digelar lagi di Kota Semarang, menyusul kesuksesan ajang serupa yang berlangsung pada akhir Februari 2015.

"Kami melihat banyak sekali pecinta batu mulia yang ada di Kota Semarang dan sekitarnya," kata Ketua Panitia "The Indonesian Exotic Gemstone Exhibition" M. Aris Yudianto di Semarang, Selasa (14/4).

Ia menjelaskan pameran dan lomba batu mulia bertajuk "The Indonesian Exotic Gemstone Exhibition" yang rencananya digelar 28-31 Mei mendatang diperkirakan lebih meriah dibandingkan dengan sebelumnya.

Setidaknya, kata dia, sekitar 50 stan yang disiapkan panitia sudah ludes dipesan oleh berbagai pengusaha batu mulia dari berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Indonesia timur.

"Yang jelas, beraneka ragam batu mulia dari berbagai daerah Indonesia akan ditampilkan dalam ajang ini nantinya. Termasuk, kompetisi batu mulia dalam berbagai kategori," kata Aris.

Pakar batu mulia Agus Rahardjo mengatakan Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai wilayah yang banyak memiliki penggemar batu mulia, khususnya batu bergambar.

"Jateng selama ini terkenal banyak kolektor batu bergambar. Makanya, batu bergambar akan menjadi salah satu kategori lomba nanti menyesuaikan dengan lokasi pelaksanaan even," katanya.

Ia menyebutkan berbagai kategori akan diperlombakan "The Indonesian Exotic Gemstone Exhibition", antara lain kategori batu bergambar, batu pancawarna, batu unik, dan batu kalsedon (Chalcedony).

Agus yang dipercaya sebagai juri berbagai ajang pameran batu mulia yang digawangi Indonesia Gems Lover (IGLO), termasuk dalam ajang tersebut, mengatakan, batu gambar akan menjadi kelas favorit.

"'Background' di Jateng, khususnya Semarang selama ini memang para penggemar batu bergambar. Makanya, kami gelar kelas khusus batu bergambar yang terbagi dalam berbagai subkelas," katanya.

Kategori batu bergambar yang dilombakan, kata dia, antara lain batu bergambar tokoh, hewan, angka, pemandangan alam yang masih terbagi lagi dalam dua kategori, yakni kristal dan badar (tidak tembus).

"Tujuan pameran dan lomba batu mulia di Semarang ini sekali lagi mengingatkan rekan-rekan pecinta batu bergambar yang ada di Jateng, khususnya Semarang," kata Ketua Kudus Indonesia Gemstone (KInG) itu. (akl/ar)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...