21 July 2019

Muzdalifah, Lokasi Pertemuan Nabi Adam-Hawa

Konfrontasi – Kota Makkah al-Mukarromah telah menjamu tamu Allah dari seluruh penjuru dunia untuk beribadah haji. Salah satu lokasi yang harus didatangi oleh jamaah haji yaitu kota bersejarah, Muzdalifah.

Banyak ahli menerangkan Muzdalifah beasal dari kata ‘izdilaf’ untuk menyatakan perkumpulan. Pasalnya, kota Muzdalifah menjadi titik pertemuan ketika jamaah haji bergerak ke Mina setelah kembali dari Arafah. Konon, Nabi Adam dan Hawa bertemu di Muzdalifah.

Beberapa ulama menyatakan Muzdalifah berarti Az-Zulafah yaitu kedekatan atau orang-orang sudah dekat ke Tanah Suci. Pernyataan ini dibenarkan karena Muzdalifah menjadi tempat bermalam jamaah haji dan tempat melaksanakan shalat jama’ apabila mereka telah bertolak dari Arafah.

Dalam setiap momen haji, para imam melaksanakan shalat jamak Maghrib dan Isya kemudian shalat Subuh di Muzdalifah. Batas Muzdalifah dimulai saat jamaah berangkat dari Arafah sampai bukit merah sebelum Muhassir dan Bukit Quzah yang terdapat di sisi tempat berhenti dengan jarak satu farsakh dari Mina. 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...