27 May 2019

Menuju Merdeka Internet

KONFRONTASI -  Tol langit menjanjikan akses internet bebas hambatan bagi desa dan kota di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali. Menyempurnakan Proyek Palapa Ring yang hampir selesai.

Tepat pukul 20.45, Kamis waktu Florida, Amerika Serikat (AS) atau pukul 08.45 WIB, Jumat pekan lalu, roket Falcon 9 lepas landas dari Cape Canaveral, Florida, AS, menuju ruang angkasa. Roket milik SpaceX ini membawa sejumlah barang tumpangan yang dibawa ke orbit masing-masing. Peluncuran ini istimewa bagi Indonesia karena salah satu yang dibawa Falcon 9 adalah Satelit Nusantara Satu, milik PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan swasta nasional di bidang telekomunikasi berbasis satelit.

Satelit Nusantara Satu merupakan satelit Indonesia pertama yang menggunakan teknologi high throughput satellite (HTS). Teknologi satelit terbaru dan tercanggih yang mampu memberikan kapasitas bandwidth atau pita lebar yang lebih besar dari teknologi satelit konvensional. "Kehadiran Satelit Nusantara Satu merupakan pencapaian besar PSN untuk memperkuat posisi Indonesia dalam kancah dunia digital," kata Direktur Utama PSN, Adi Rahman Adiwoso, melalui teleconference kepada wartawan di Jakarta, Jumat pekan lalu, seusai peluncuran satelit tersebut.(Jft/GATRA)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...